Escape to

Taiwan

Negara ini sangat bersih, bebas polusi, masyarakat berperilaku sopan dan ramah, aman bagi turis, transportasi sangat memadai (cenderung luar biasa), internet cepat dan fasilitas umum yang lengkap.
Pilihan tujuan wisata juga sangat beragam, mulai dari pemandangan pantai, gunung, taman bunga, theme park, kuliner, pasar malam, bangunan bersejarah, dan masih banyak lagi.

Panduan Jalan-jalan ke Taiwan

Bandara Internasional: Taoyuan
Mata Uang: New Taiwan Dollar (NTD)

Setiap orang pasti punya impian dan harapan, sama halnya dengan saya. Beberapa tahun yang lalu tanpa sengaja saya melihat acara jalan-jalan di salah satu channel TV, dimana pembawa acara sedang melakukan pencarian taman bunga Sakura di Taiwan. Hal ini begitu menarik perhatian saya, karena selama ini yang saya tau jika ingin melihat bunga sakura saya harus pergi ke Jepang.

Mulai dari saat itulah saya memiliki impian untuk dapat melihat bunga Sakura di Negeri Taiwan.

Untuk berlibur ke Taiwan, warga Indonesia membutuhkan Visa. Informasi mengenai pengajuan Visa Taiwan dapat dilihat di artikel Cara Mendapatkan Visa Taiwan.

Tempat Wisata di Taiwan

Jumlah wisatawan yang datang ke Taiwan mungkin tidak sebanyak negara lain seperti Jepang, Korea, Thailand, atau bahkan Indonesia, namun bukan berarti Taiwan tidak menarik untuk dikunjungi.

Seperti Indonesia, Taiwan terdiri dari banyak sekali kota. Beruntung saya bisa mengunjungi beberapa kota atau area yang memang terkenal dan mudah dijangkau. Kota atau area yang sempat saya kunjungi adalah Taipei, Taichung, dan Nantou.

Mata Uang Taiwan

Mata uang Taiwan adalah New Taiwan Dollar (NTD). Kamu bisa membelinya saat masih berada di Indonesia atau menukarkan langsung di tempat penukaran mata uang asing saat tiba di Bandara Internasional Taoyuan.

Selain itu, kamu juga bisa mengambil langsung via mesin atm. Tentunya kurs dan biaya admin akan lebih mahal.

Transportasi di Taiwan

Transportasi darat yang bisa kamu gunakan selama jalan-jalan di Taiwan adalah bus dan kereta, tentunya selain menyewa mobil.

Bus di Taiwan melayani dalam kota dan antar kota, juga terdapat beberapa private tour bus yang dapat dipesan per orang.

Ada 3 jenis kereta di Taiwan, yaitu:

Baca selengkapnya tentang Transportasi di Taiwan

Sim Card & Internet di Taiwan

Saya membeli simcard lokal di toko di dalam Bandara seharga NT800 untuk penggunaan internet unlimited selama 15 hari.

Sim Card langsung dipasang dan diaktifkan oleh penjual sehingga kamu dapat langsung menggunakannya. Ada 3 toko yang menjual simcard dengan provider yang berbeda, kamu bisa memilih sesuai kebutuhan.

Kamu juga dapat menyewa modem Wifi.

Kuliner di Taiwan

Hal yang paling penting dan terkenal dari Taiwan adalah jajanannya.

Makanan yang terkenal di Taiwan antara lain: Omelet Oyster, Crispy Fried Chicken, Bubble Tea, Smelly Tofu, Baked Oyster, dan masih banyak lagi.

Makanan-makanan tersebut banyak dijumpai di Night Market yang tersebar hampir di tiap kota. Tentunya, selain makanan, kamu bakal sering melihat pertunjukan jalanan yang menarik. BTW, night market di Taiwan umumnya tutup sekitar jam 11 malam.