Transportasi di Taiwan

Transportasi darat yang bisa kamu gunakan selama jalan-jalan di Taiwan adalah bus dan kereta, tentunya selain menyewa mobil. Bus di Taiwan melayani dalam kota dan antar kota, juga terdapat beberapa private tour bus yang dapat dipesan per orang.

Ada 3 jenis kereta di Taiwan, yaitu:

  • Mass Rapid Transit (MRT)
  • Taiwan Railway Administration (TRA)
  • Taiwan High Speed Rail (THSR)

MRT pun ada 2 yakni Taipei Metro dan Khaosiung Rapid Transit System. Sesuai namanya MRT tersebut digunakan untuk kebutuhan transportasi di dalam kota masing-masing, Taipei dan Khaosiung.

Untuk perjalanan antar kota, kamu dapat memilih antara TRA dan THSR. THSR lebih cepat dan tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan TRA. Namun tidak semua tujuan kota memiliki kedua jenis kereta ini, kamu bisa melakukan pengecekan disini:

Saya sendiri mencoba semua jenis kereta dan beberapa jenis bus. Untuk pembelian tiket kereta TRA dan THSR dapat dilakukan secara online sebelum hari keberangkatan, dan memang sebaiknya seperti itu jika kamu sudah menetapkan ittinerary, karena saya sempat membeli tiket THSR secara langsung dan saya kehabisan tiket “Reserved Seat” dan bahkan kelas bisnis, sehingga supaya tidak membuang waktu saya harus membeli tiket “Unreserved Seat”.

Reserved seat maksudnya kamu sudah memesan tempat duduk di kereta. Sementara, Unreserved seatmaksudnya kamu tidak dapat memesan tempat duduk di kereta. Terdapat beberapa gerbong kereta yang disediakan untuk unreserved seat. Kamu harus mengantri bersama penumpang lainnya, dan kebanyakan akan berdiri di dalam kereta.

Kereta hanya berhenti sebentar di setiap stasiun sehingga jumlah penumpang unreserved seat yang dapat masuk tidak banyak. Akibatnya, kamu mungkin harus menunggu beberapa kereta sebelum mendapat kesempatan naik. Saya sendiri sempat berdiri di dalam kereta sekitar mungkin 30 menit, baru akhirnya mendapat tempat duduk setelah beberapa kali pemberhentian dimana penumpang sudah banyak yang turun.

Selain itu, dengan membeli tiket secara online, kamu juga menghemat waktu untuk mengantri tiket, diskon 5% untuk TRA dan diskon hingga 35% untuk THSR untuk jadwal tertentu.

Baca juga:

  • Cara pembelian tiket kereta TRA secara online
  • Cara pembelian tiket kereta THSR secara online

​Untuk menggunakan MRT atau bus di dalam kota, kamu hanya perlu membeli Easy card (seperti Flazz BCA).

Ada 2 jenis Easy card, yang depositnya dapat dikembalikan dan tidak dapat dikembalikan. Untuk Easy card yang depositnya tidak dapat dikembalikan memiliki banyak gambar dan dapat dibeli di banyak tempat, seperti bandara dan convenience store. Easy Card yang depositnya dapat dikembalikan dapat dibeli di mesin di dalam stasiun MRT. Pembelian dilakukan sendiri di mesin (seperti ATM). Untuk top up bisa melalui mesin atau convenience store.

Easy Card selain dapat digunakan untuk pembayaran MRT dan Bus juga dapat digunakan untuk belanja di convenience store atau tempat-tempat wisata di Taiwan seperti Maokong Gondola. Jadi tidak perlu antri beli tiket Gondola, hanya perlu menempelkan Easy Card di barier saja.

Salut dengan pemerintah Taiwan, Easy Card tidak hanya dapat digunakan di Taipei melainkan seluruh Taiwan. Satu kartu untuk segala transaksi.

Untuk pengembalian Easy Card dapat dilakukan di customer service yang ada di stasiun MRT setelah anda selesai menggunakannya, dan deposit sebesar NT100 akan diberikan tunai.

Di kota Taichung tidak terdapat MRT, sehingga saya harus naik Bus untuk dapat berjalan-jalan. Dari stasiun THSR Taichung Station ke Taichung Station (kota), saya tempuh dengan menggunakan bus no. 82. Saya tidak perlu membeli tiket karena tinggal menempelkan Easy Card saat naik dan turun.

Kualitas bus disini sangat bagus, ber-AC dan bersih, hanya saja kamu tidak boleh lelet karena seperti kereta, supir bus hanya akan membuka pintu bus beberapa saat lalu menutupnya kembali. Setelah saya perhatikan, ternyata hal ini untuk memastikan jadwal bus tetap on schedule.

Di setiap pemberhentian bus terdapat daftar bus yang akan berhenti disitu, dan ada informasi online mengenai jam kedatangan bus tiba di halte tersebut. Jadi kamu dapat mempersiapkan diri dan tidak ketinggalan bus, atau justru mengganti nomor bus yang akan anda gunakan agar dapat berangkat lebih awal.

Saya agak kaget pada saat melihat saldo Easy Card saya saat turun di Taichung station (dari THSR Taichung Station). Saldonya tidak berubah dari terakhir saya gunakan. Hingga saat ini saya belum sempat menanyakan mekanisme biaya tiket Bus ke resepsionis, karena rata-rata perjalanan saya menggunakan bus di dalam kota Taichung gratis, ada 1 tujuan yang hanya membayar NT5. Gratis dengan bus AC dan bersih. Super WOW.

 

Transportasi ke Bandara

Jika ingin kembali ke bandara (Taoyuan), kamu juga dapat menggunakan bus Kuokuang. Kamu hanya perlu pergi ke Taipei Main Station lalu ke exit M5. Setelah berada di exit M5, berjalan kaki ke arah kanan sekitar 300meter hingga menyeberangi jalan, dan kamu akan menemukan terminal bus Kuokuang.

Jangan takut nyasar karena disitu banyak sekali orang. Kamu dapat menggunakan Easy Card untuk membayar bus atau membeli tiket, jika Easy Card kamu sudah dikembalikan. Harga tiket bus NT125. Perjalanan ke bandara Taoyuan sekitar 1 jam. Pastikan kamu akan turun di terminal 1 atau 2 sesuai maskapai penerbanganmu.

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

Leave a Reply