Cara Pemesanan Tiket Kereta Taiwan Railways Administration (TRA) Secara Online

Cara pembelian tiket kereta Taiwan (TRA) secara online:

  1. Masuk ke website TRA
  2. Di menu ‘Quick search’
    Kemudian isi data: Lokasi berangkat dan tujuan, tanggal dan jam keberangkatan, jenis kereta (express, ordinary, atau semua tipe), lanjutkan dengan klik search.

    Pemesanan tiket kereta ke Hualien
    Quick search untuk input destinasi tujuan kereta TRA
  3. Jadwal kereta Taiwan TRA
    Sistem akan menampilkan beberapa pilihan kereta dengan jam berangkat, durasi dan harganya. Saya menggunakan TRA saat akan pergi dari Taipei ke Hualien, dan saya memilih kereta “Taroko” karena durasi, jam berangkat dan tiba serta harganya yang paling pas.
  4. Klik gambar kursi di kolom booking jika sudah menentukan pilihan
  5. Input data
    Sistem akan menampilkan layar pesan tiket. Masukan data-data kamu seperti nomor paspor dan jumlah penumpang, serta pastikan data lokasi dan jam keberangkatan sudah benar, lalu pilih start to order.

    Pemesanan tiket kereta ke Hualien
    Pilihan jenis kereta dan jam keberangkatan kereta TRA
  6. Akan tampil layar random numbers check, untuk memastikan bahwa kita bukan robot. Input angka yang tertera di layar lalu klik submit.

    Pemesanan tiket kereta ke Hualien
    Input data penumpang untuk pemesanan tiket TRA
  7. Sistem akan menampilkan layar berhasil order (tergantung ketersediaan kursi).

    Pemesanan tiket kereta ke Hualien
    Konfirmasi untuk proses booking tiket kereta TRA yang berhasil
  8. Pembayaran online
    Klik online payment. Sistem akan menampilkan syarat dan ketentuan untuk pembelian dan pembayaran secara online. Centang kolom yang artinya setuju akan peraturan lalu klik “start buying a ticket”.

    Sistem akan menampilkan layar konfirmasi data penumpang dan klik ‘submit’.

    Pemesanan tiket kereta ke Hualien
    Syarat dan ketentuan untuk proses pembayaran tiket kereta TRA
  9. Layar credit card payment
    Akan tampil layar credit card payment dan input jumlah penumpang anak-anak dan dewasa, klik confirm. Isi nomor kartu kredit kamu dan klik confirm payment. Sistem akan melakukan verifikasi kartu kredit dan menampilkan layar berhasil atau gagal.

    Pemesanan tiket kereta ke Hualien
    Hasil verifikasi kartu kredit untuk pembayaran tiket kereta TRA
  10. Klik tombol “print the ticket pick up for credit card payment”. Form tersebut digunakan saat akan mengambil tiket di stasiun atau convenience store.

    Pemesanan tiket kereta ke Hualien
    Form pengambilan tiket kereta TRA
  11. Transaksi selesai.

Ada diskon 5% untuk pembayaran secara online saat saya berangkat, namun sekarang sudah ditiadakan. Saya pikir sama saja antara mengambil tiket di stasiun atau convenience store.

Begitu tiba di Taipei, saya langsung mencoba untuk mengambil tiket di 7-11 di Ximending area. Dengan keterbatasan bahasa saya menunjukkan form pick up ticket ke penjaga, dan kemudian penjaga tersebut mengarahkan saya ke 1 mesin yang berbahasa Taiwan, dan dia menginput data saya, dan mesin tersebut mengeluarkan 2 kupon.

Penjaga toko kemudian menggiring saya ke kasir, dan dia menginput sesuatu dan saya diminta membayar NT16 untuk masing-masing reservasi, jadi totalnya NT32. Tidak mahal, hanya sekitar IDR 13.500.

Pemesanan tiket kereta ke Hualien
Mesin untuk pengambilan tiket kereta TRA di minimarket
Pemesanan tiket kereta TRA di Taiwan
Tiket kereta TRA berhasil didapatkan

Baca juga: Cara Pemesanan Tiket Kereta Taiwan High Speed Rail (THSR) Secara Online

 

Tips menggunakan kereta TRA (Taiwan Railways Administration)

  1. Pastikan kamu sudah tau logo dari TRA, karena bentuk keretanya mirip dengan THSR.
  2. Pastikan juga kamu sudah melakukan survey secara garis besar dimana lokasi gate TRA dari stasiun MRT.
  3. Masuk ke dalam kereta tepat waktu. Karena kereta tidak menunggu penumpang, kereta akan langsung jalan sesuai jadwal keberangkatannya. Jadi kalau sudah mepet dan belum sampai ke gerbong, langsung masuk ke gerbong mana saja, dan berjalan ke kursi kamu di dalam kereta.
  4. Pastikan durasi perjalanan dan estimasi waktu tiba di lokasi tujuan. Hal ini menjadi kendala jika kamu tidur dalam perjalanan. Karena informasi nama stasiun disebutkan dalam bahasa Taiwan dan Inggris, maka seringkali kita tidak familiar dengan nama stasiun. Hal ini bisa berdampak kamu bakal terlewat dari stasiun tempat anda semestinya berhenti. Kereta tidak menunggu anda untuk turun, kereta hanya berhenti beberapa menit dan jalan kembali sesuai jadwalnya.
  5. Melakukan pembelian dan pembayaran secara online. Supaya tidak antri dan tentunya bisa dapat diskon.
  6. Mengambil tiket di convenience store atau stasiun sebelum hari keberangkatan, supaya bisa santai dan fokus ke kereta saat hari H.

So, happy traveling!

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

13 Responses
    1. Hai..
      Pengambilan tiket maksimal 30 menit sebelum waktu keberangkatan. Tapi sebaiknya diambil 1-2 hari sebelum keberangkatan supaya tidak terlalu terburu-buru.
      Thanks.

  1. anastasia

    Hai sist,
    salam kenal ya dan thanks buat infonya banyak membantu saya yg akan ke Taiwan Mei mendatang. Sist mau nanya ya cara ke Taroko – Hualien.
    1. kalau mau beli tiket TRA nya dikonter (tdk online, krn takut byr online hehehe) boleh ga 1 atau 2 sebelumnya? atau hrs hari yg sama dgn tgl kebrangkatan?
    2. Milih areanya Hualien trus stationnya apa ya? saya cb buka webnya TRA yg ada di blog Anda utk area Hualien ada byk pilihan station. kalau saya liat dipeta yg terdekat dgn Taroko adalah stasiun xincheng dan chongde. apa bener ntar saya turunnya distasiun xincheng atau chongde? atau di hualien cm berhenti di 1 stasiun utama Hualien aja? Anda trn di stasiun apa? yg katanya didkt stasiun ada bis yg bisa antar 1 harian utk keliing2 objek wisata sekitar Taroko?
    3. Naik TRA dr Taipei Main Station ya? di TMS luas banget ya. Jadi saya ikuti petunjuk yg ke arah TRA ya? saya pernah ke Taipei tp cm bbrp hari n blm sempat ke Taroko, sempat sih mau kesana tp kok sepertinya susah. kalau ga salah di statiun nangang ya ada jg TRA. Lbh mudah naik dari mana ya?
    Thanks a lot ya buat bantuannya ya…..

    1. Hi Sis,
      Sorry banget komen kamu terlewat oleh saya sehingga lama baru dibalas.
      Untuk beli tiket TRA bisa kok langsung ditempat dan sebelum hari H.
      Pilih stationnya “Hualien”, bukan yang lain.
      Naik TRA nya betul dari Taipei Main Station dan ikuti petunjuk yang ada di station seperti biasa. Memang areanya sangat luas, tapi bisa mengikuti petunjuk yang ada disana, atau bisa bertanya kepada petugas. Pastikan kamu ga tertukar dengan THSR ya karena bentuk keretanya mirip hehe..
      Semoga membantu.
      Terima kasih.

  2. caroline

    hi lynn…kenapa ya sy gagal mulu pas proses bayar? sdh ikutin sesuai step “Forbidden
    You don’t have permission to access /PAReq.do on this server.
    Additionally, a 404 Not Found error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.”

  3. Suzzy

    Hi Lynn
    Terimakasih infonya sangat bermanfaat, bulan mei saya mau travel Hualien to Taipei dan untuk yang pertama kali rasanya bingung takut nyasar, mau beli ticket juga belum paham. Terus apa bedanya ya TRA sm THSR?

  4. Sanny

    Hi Lynn…
    Saya mempunyai kendala yg sama dgn Caroline..
    @caroline,
    Apakah bisa sharing bagaimana solusinya?
    Rgds,
    Sanny

  5. mary

    Halo kak saya mau beli tiket TRA dari Taipei ke Taichung via online dan saya baca ada tulisan ticket-tacking due time 2 hari setelah pemesanan. Berarti emang harus ditukar dalam waktu dua hari ya? kalau nggak gitu bakalan hangus walopun udah bayar? Padahal saya rencana pesan untuk tanggal 14 September kak. kalau saya pesan mepet saya takut kehabisan dan karena saya ke Singapore dulu takut ribet ngeprintnya juga. Dulu kakak belinya berarti mepet 1 hari sebelum berangkat ke Taiwan kah? Mohon infonya ya kak. Terima kasih.

Leave a Reply