Mengunjungi Taroko Gorge National Park Hualien

Hualien… I’m coming!!

Hualien memiliki wilayah terbesar dari semua kabupaten di Taiwan , dan terletak di pantai timur pegunungan Taiwan. Di sebelah timur, Hualien berbatas dengan Samudera Pasifik dan di sebelah barat berbatasan dengan kota Taichung, Nantou, dan Kaohsiung. Kota Yilan sendiri berada di sebelah utara Hualien.

Dari Taipei menuju Hualien dapat ditempuh dengan menggunakan kereta cepat TRA. Pembelian tiket kereta cepat TRA dapat secara online dan pengambilan tiketnya dapat dilakukan di convenience store seperti 7-11.

Saya mendapat diskon 5% karena melakukan pembelian tiket secara online dan menghemat waktu karena tidak perlu datang ke stasiun pagi-pagi sekali serta meminimalisasi risiko tidak kebagian tiket sehingga itinerary tetap on schedule.

Objek wisata yang paling happening di Hualien adalah Taroko Gorge National Park. Di Taroko Gorge National Park terdapat serangkaian destinasi yang dapat dinikmati.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 2 jam 10 menit, akhirnya saya tiba di stasiun Hualien, lalu saya berjalan kaki keluar ke arah kiri sekitar 400 meter menuju halte bus. Di Halte bus ini kita dapat membeli tiket bus One Day Trip ke Taroko Gorge National Park.

Dengan tiket One Day Trip ini saya dapat naik turun bus sesuka hati, saya hanya perlu memperhatikan timetable bus supaya dapat membuat urutan destinasi yang akan saya kunjungi.

​Berikut destinasi yang akhirnya berhasil saya kunjungi di Taroko Gorge National Park:

  1. Shakadang Trail
  2. Buluowan
  3. Yanzikou Tunnel
  4. Tianxiang
  5. Lushui
  6. Changchun Shrine

 

Shakadang Trail

Shakadang Trail dibangun di sepanjang tebing sungai sehingga wisatawan dapat dengan mudah mengamati kedua tebing bebatuan dan ekosistem tanaman di samping di lembah sungai.

Terdapat beberapa spot dimana dinding batu berada di atas kepala kita sehingga kelihatan seperti akan memasuki gua. Panjangnya trail ini sekitar 4,5km, namun saya hanya berjalan sekitar 2 Km lalu kembali ke titik asal untuk menghemat waktu dan melanjutkan perjalanan ke lokasi berikutnya.

Shakadang trail
Pintu masuk ke Shakadang trail
Shakadang trail
Shakadang trail dari kejauhan
Shakadang trail
Suasana di sepanjang area Shakadang trail
Shakadang trail
Perjalanan di dalam area Shakadang trail

Buluowan

Buluowan terdiri dari 2 bagian, lower terrace dan upper terrace. Di lower terrace kita bisa menikmati pemandangan pepohonan dan pegunungan. Sementara di upper terrace kita bisa melihat taman bunga Meihua dan Sakura yang akan mekar pada musim semi, namun di bulan Januari terdapat beberapa bunga Sakura yang sudah mekar.

Taroko Gorge National Park
Mampir di Buluowan untuk melihat taman bunga
Buluowan
Pemandangan cantik di Buluowan
Buluowan
Menemukan bunga Sakura yang mekar di bulan Januari di Buluowan
Taroko Gorge National Park
Bunga Sakura di Taroko Gorge National Park
Taroko Gorge National Park
Pemandangan dari salah satu sudut di Buluowan

Yanzikou Tunnel

Begitu turun dari bus, pemandangan yang dilihat adalah jalanan yang berkelok-kelok yang disampingnya adalah tebing dengan ada aliran sungai dibawahnya. Saya melihat orang-orang memakai helm, ternyata helm dapat dipinjam gratis di visitor center, tapi karena saya tidak berhenti disitu jadi saya tidak tahu.

Di sini terdapat terowongan yang sangat gelap gulita, sayang saya tidak bisa mengambil foto di terowongan tersebut karena terlalu gelap.

Pastikan kamu bertanya terlebih dahulu dimana tempat kamu bakal menunggu bus kembali, karena saya hanya terus berjalan menyusuri pinggir tebing hingga jauh sekali, sampai melewati Jinheng Bridge.
Sebelum Jinheng Bridge terdapat tempat peristirahatan kecil, biasanya orang duduk makan kue dan minum kopi.

Setelah berjalan cukup jauh, akhirnya saya mulai putus asa dan memutuskan untuk kembali ke tempat semua, namun untungnya ada bus yang lewat sehingga saya dan 3 orang lain yang nyasar bisa langsung naik ke bus.

Yanzikou tunnel
Mendekati area Yanzikou tunnel
Hualien
Dinding batu besar di sekitar Yanzikou tunnel
Taroko gorge
Batu dinding di sekitar Yanzikou tunnel yang sangat cantik
Yanzikou tunnel
Pemandangan di sekitar Yanzikou tunnel

Tianxiang

Merupakan area rekreasi terluas di Taroko National Park ini. Kebanyakan orang beristirahat makan siang di sini karena ada banyak restoran. Kebanyakan menu restoran dalam bahasa mandarin. Karena sedikit bingung jadi saya memutuskan untuk memilih lauk yang sudah ada. Dan saya juga memesan ketan yang dimasak di dalam bambu, ini setelah melihat kanan kiri sepertinya enak hehe..

Setelah selesai makan, saya berjalan di sekeliling area, terdapat taman kecil berisi pohon bunga mei hua putih, saya pun berfoto disitu.

Tidak jauh dari Tianxiang terdapat Japanese Shrine, karena mengejar jadwal bus berikutnya, saya hanya foto-foto di depan Japanese Shrine tersebut, karena membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk sampai ke atas Shrine.

Taroko Gorge National Park
Jembatan menuju Japanese shrine
Taroko Gorge National Park
Jembatan yang berada di Tianxiang untuk menuju ke Japanese shrine
Taroko Gorge National Park
Makan siang di Taroko Gorge National Park
Tianxiang
Mencoba nasi dalam bambu di Tianxiang
Tianxiang
Terdapat pagoda di kaki gunung di Taroko Gorge National Park

Lushui

Jarak Lushui tidak terlalu jauh dari Tianxiang, namun cukup jauh jika ditempuh dengan jalan kaki. Disini terdapat gedung bernama Lushui Exhibition, di dalamnya terdapat tulisan-tulisan mengenai Taroko National Park sejak jaman dahulu.

Setelah melihat-lihat, saya berjalan ke seberang jalan. Saya coba berjalan memasuki hutan dan ternyata memang terdapat jalur pejalan kaki yang dinamakan Huliu Trail.

Sebelum masuk ke area ini saya bertemu pria cina yang bertugas di bangunan yang persis di sampingnya. Beliau menyuruh saya menikmati pemandangan hutan yang hijau. Saya berjalan sekitar 3 Km, kemudian langsung berbalik arah karena merasa sudah masuk hutan terlalu jauh.

Lushui
Mengunjungi Lushui exhibition yang berisi informasi sejarah Taroko Gorge National Park
Lushui
Pemandangan di sekitar Lushui
Hualien
Masuk ke dalam Huliu trail
Huliu trail
Mencoba menjelajahi trekking Huliu trail

Changchun Shrine

Pemberhentian terakhir adalah Changchun Shrine. Tempat pemberhentian bus sangat jauh dari Changchun Shrine, dan saya harus bergegas karena setelah ini hanya tersisa satu bus lagi menuju kota. Jika tidak saya tidak tahu bagaimana harus pulang karena area ini adalah area turis yang hanya ramai pada siang hari dan tidak ada orang di malam hari. Di kanan kiri jalan hanya terlihat jurang-jurang dan hutan.

Saat itu, selain kami berdua, terdapat 3 orang lagi yang turun dari bus dan berjalan menuju Changchun Shrine. Saya pun bergegas mengikut ketiga orang itu yang berjalan sangat cepat.

Begitu mendekati lokasi, ternyata masih banyak sekali turis, namun mereka merupakan rombongan tur yang memiliki bus sendiri, tidak menggunakan shuttle bus. Karena memang dikejar waktu, saya hanya berfoto di depan jalan dengan latar belakang Shrine, seperti yang banyak dilihat di internet.

CHangchun shrine
Melihat Changchun shrine dari kejauhan
Taroko Gorge National Park
Jembatan yang terletak dekat Changchun shrine

Puas foto-foto, saya pun mengajak adik saya untuk segera kembali ke tempat pemberhentian bus. Ternyata ketiga orang tadi melihat kami berdua dan bergegas mengikuti kami berjalan dan akhirnya kami ber-5 jalan bersama. Mereka ternyata orang Cina yang sekarang sudah tinggal di Australia. Setiap liburan musim panas, mereka selalu liburan ke Cina dan sekitarnya. Karena merupakan bus terakhir, bus sangat penuh dan akhirnya kami harus berdiri.

Di perjalanan dari Changchun Shrine hingga ke kota yang memakan waktu sekitar 1 jam, kami terus mengobrol tentang berbagai tempat wisata. Saya menanyakan tentang Australia, mereka menanyakan tentang negara-negara yang sudah pernah saya kunjungi. Waktu 1 jam pun tidak terasa, akhirnya kami berpisah begitu tiba di kota Hualien. Mereka menginap di kota Hualien. Saya singgah di 7-11 untuk membeli makanan sebelum berjalan kaki kembali ke stasiun kereta untuk kembali ke Taipei.

Untuk tiket kereta saya sudah membeli secara online untuk pulang pergi sehingga saya bisa memaksimalkan waktu saya selama di Hualien untuk berjalan-jalan tanpa harus mengantri tiket kereta.
Di Stasiun kereta terdapat toko kecil yang menjual snack khas Taiwan, saya sempat membeli untuk dimakan saat perjalanan pulang.

Taroko Gorge National Park ini sangat recommended banget buat kamu yang sedang jalan-jalan ke Taiwan karena pastinya pemandangannya tidak bisa ditemukan di tempat lain.

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

16 Responses
    1. Lia

      Hi! Lynn, mulai perjalanan masuk ke taroko nya naik hop on hpo off shutttle bus ya? Naik bus itu, kita turun naik di tempat yg sama? Misalnya, kl turun di shakadang trail terus jalan2 balik lagi ke tempat td turun bus, lalu naik lagi menuju perhentian selanjutnya, gt? Total perjalanan di dlm taroko sampai di perhentian terakhir Changcun Shrine brp lama ya? Thank youu… sebelumnya

      1. Hi Anastasia,

        Naik bus nya di halte bus di sebrang stasiun TRA nya.
        Untuk naik turunnya, udah bener sesuai yang kamu info, jangan jalan ke titik lain nanti kejauhan jalannya hehe..

        Kalo total waktu sih tergantung berapa lama di masing-masing tempat, pengalaman aku sih ada bbrp yang aku skip untuk seharian, aku pilih yang ku suka aja hehe..

  1. jenny w

    Lynn, nanya donk untuk rute kamu ke hualien taroko george national park, kamu start jam berapa dan kembali jam berapa? terima kasih ya

  2. Suhartono

    Hi. Lynn. Seru banget ya baca kisah jalan2nya di Taiwan.
    Mau tanya donk kalo kita mau jalan2 ke area wisata alam di Taroko george atau tpt lainnya di Hualien. Apakah bisa dicapai dgn naik bis umum? Atau tetap harus melalui tour travel local di sana?

  3. Yenny

    Thank yiu sharingnya. Tanya donk, berapa harga 1 day tiket dan ketika masuk ke bbrp tempat yg dikunjungi itu apakah ada biaya masuk atau free.

  4. Lona

    Halo Lynn salam kenal, terimakasih utk blog nya yg membantu buat kami2 mau traveling sendiri ke Taiwan..
    mau tanya nih, perjalanan ken6 spot diatas itu dilakukan dalam 1 hari atau brp hr ? Lebih oke start dari taipei atau dr kota lain?

    1. Halo Lona, salam kenal juga.

      Semua informasi di artikel ini adalah dalam satu hari. Mulainya dari kota Hualien ya. Kalau sebelumnya menginap di Taipei, bisa naik kereta ke Hualien.

      Thanks.

Leave a Reply