Cara Mendapatkan Visa Taiwan

Warga negara Indonesia yang ingin pergi jalan-jalan ke Taiwan harus memiliki visa, baik visa wisata, sekolah, dan lainnya.

Cara apply visa Taiwan jenis kunjungan wisata sangatlah mudah.

 

Syarat Visa Taiwan

  1. Formulir pengajuan visa yang diisi secara online
  2. Paspor asli yang masa berlakunya tidak kurang dari 6 bulan dari tanggal kepergian
  3. Foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 lbr dengan latar belakang putih
  4. Surat keterangan kerja dari perusahaan
  5. Fotokopi rekening koran selama 3 bulan terakhir
  6. Kartu Keluarga

 

Berikut langkah-langkah untuk mendapatkan Visa Taiwan.

  1. Isi formulir secara online di web resmi ROC secara lengkap dan benar, kemudian submit. Klik link ini untuk isi formulir.Tips untuk mengisi formulir:
    • Isi semua field yang mandatory (wajib)
    • Pastikan anda mengisi hotel tempat anda menginap dengan jelas.
    • Jika anda tidak memiliki kenalan di Taiwan, field koresponden diisi dengan nama hotel yang akan ditempati
    • Pengisian formulir dapat disimpan dalam bentuk draft dan diubah lagi.
    • Setelah melakukan submit, formulir sudah tidak bisa diubah lagi.
    • Data pengajuan visa online akan hilang setelah 30 hari anda melakukan submit dan anda harus melakukan input data dan submit ulang.
  2. Print formulir yang sudah diisi dan submit tersebut dan datang ke Embassy Taiwan di Gedung Artha Graha Jakarta lantai 12. Jam operasional untuk penyerahan dokumen adalah 08.30 sd 11.30 WIB
  3. Serahkan formulir dan dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya. Kamu akan diberikan kertas untuk melakukan pembayaran ke kasir.Note:
    Disana banyak sekali orang yang apply visa TKI. Namun jangan khawatir, antrian untuk TKI dan wisata dibedakan. Terdapat 2 loket yang khusus untuk wisata dan tidak ngantri.
  4. Lakukan pembayaran di kasir (loket terpisah dengan penyerahan dokumen). Harga visa Rp 650.000 (Update. Oktober 2017). Setelah membayar akan diberikan kwitansi.
  5. Kembali lagi ke loket penyerahan dokumen dan serahkan kwitansi.
  6. Petugas akan menyiapkan bukti pengambilan Paspor dan visa serta menginformasikan kapan visa dapat diambil. Proses pembuatan visa sekitar 3 hari kerja.
  7. Langkah selanjutnya, datanglah pada hari yang diinformasikan petugas dengan membawa kertas bukti dan langsung ke loket. Jam operasional pengambilan visa adalah 13.30 sd 16.00 WIB.
  8. Jika sudah selesai, Paspor beserta visa akan diserahkan oleh petugas. Selesai.

Visa Taiwan sudah dapat, tinggal menunggu waktu keberangkatan saja. Jangan lupa untuk membaca cerita perjalanan saya waktu jalan-jalan ke Taiwan.

Nah, asiknya, bagi yang memiliki visa Amerika yang masih berlaku, dapat mengajukan Visa Taiwan secara online dan tidak perlu datang ke embassy.

panduan pembuatan Visa Taiwan
Pengisian data Visa Taiwan secara online
panduan pembuatan Visa Taiwan
Informasi jam layanan pembuatan Visa Taiwan
Visa Taiwan
Bukti transaksi untuk pengambilan Visa Taiwan
panduan pembuatan Visa Taiwan
Visa Taiwan sudah jadi dan siap berangkat
About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

10 Responses
  1. Fritz J. Sasiang

    Hello miss Lynn.
    Syarat untuk buat visa Taiwan, harus ada surat keterangan kerja dari perusahaan, sedangkan saya saat ini sudah pensiun dari perusahaan swasta. Apakah bisa boleh pakai surat rekomendasi dari anak saya yang masih bekerja di bank? Atau ada cara yang lainnya? Mohon informasinya. Terima kasih. ( Fritz J.S )

    1. Halo mr. Fritz,

      Kebutuhan surat keterangan kerja dari perusahaan sebenarnya untuk memastikan bahwa kita memiliki pekerjaan di Indonesia sehingga akan kembali ke Indonesia dan tidak menetap di Taiwan. Apakah Bapak akan berpergian dengan anak Bapak ? Kalau iya hanya perlu melampirkan surat dari tempat kerja anak Bapak. Tapi kalau tidak, menurut saya ini bisa digantikan atau di-support dengan surat pernyataan dari anak bahwa Bapak akan kembali lagi ke Indonesia dan tidak menetap di Taiwan. Apabila biaya perjalanan di biayai oleh anak, maka dapat disampaikan juga di surat pernyataan tersebut dan rekening koran yang dilampirkan adalah rekening koran Bapak dan Anak Bapak. Terima kasih.

  2. Fritz J. Sasiang

    Selamat malam, ms Lynn.
    Terima kasih atas sarannya.
    Saya berencana pergi bersama istri dgn biaya sendiri. Apakah di Taiwan kita bisa sewa mobil dan bawa sendiri? Apakah diperlukan sim international?
    Terima kaaih.

  3. vivi

    halo miss, mau tny nih, kalo hotel yang kita tempati ga cuma 1, isi salah satunya atau gimana? trus untuk rekening koran, apakah ada minimal angka di tabungan? kemudian kalo uang yang ada di tabungan itu adalah uang yang cair dari deposito apakah berlaku? soalnya kalo cair dari deposito kan pasti angkanya tiba2 langsung besar gitu dimutasi bank nya.. atau rekening koran bisa digantikan dengan surat rekomendasi dari bank tempat menabung?

    1. Halo,

      Untuk informasi hotelnya dilampirkan sesuai yang sudah dibooking aja.
      Tidak ada ketentuan mengenai jumlah dana yang ada di rekening, tapi biasanya akan dilihat apakah ada cukup dana untuk digunakan sebagai biaya liburan. Tidak masalah kalau pencairan deposito. Mutasi bank tidak bisa digantikan dengan surat referensi karena fungsinya beda.

      Semoga membantu.

      Terima kasih.

  4. Rina

    Hallo,

    Mau tanya dong, aku ada rencana mau ke Taiwan dengan mama tapi mama saya cuma IRT, untuk surat keterangan kerjanya bagaimana ya?

  5. Dery yulianty

    Hallo..
    Mau tanya kalo saya berangkat ke Taiwan karna mau susul pacar saya yg berkewarga negaraan Jerman, apa bisa dia yang menjadi prnjamin untuk rekenibg korannya? Trima kasih

Leave a Reply