Tempat Menarik di Busan Saat Malam Hari (Cocok untuk Fotografer)

Busan merupakan kota terbesar kedua di Korea Selatan dan merupakan satu-satunya kota yang tidak terkena serangan saat perang sipil yang terjadi tahun 1950, yang akhirnya membuat Korea Selatan dan Korea Utara berpisah.

Sebelumnya saya sudah pernah mengunjungi Busan pada tahun 2012, namun hanya beberapa jam saja sehingga tidak sempat mengeksplor banyak tempat. Saya juga sudah mencari tahu di internet mengenai berbagai destinasi wisata yang ada di Kota Busan, dan hasilnya sangat banyak sekali. Karena juga memiliki keterbatasan waktu untuk jalan-jalan saat ini (maklum cuti terbatas), saya memutuskan untuk memilih tempat dan aktivitas yang istimewa dan tidak mainstream.

Salah satu aktivitas yang saya lakukan adalah menikmati dan mengabadikan kota Busan di malam hari. Awalnya, saya sempat bingung mencari spot yang bagus, karena orang Korea sendiri tidak terlalu tahu. Beruntung saya ketemu paket tour “Busan City Night View Walking Tour” dari Funtastic Korea.

Proses reservasinya sangat mudah. Hanya perlu masuk ke website, buat akun atau login jika sudah punya, lalu klik “book now”, dan lakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Kalau ada kesulitan atau pertanyaan mengenai paket turnya, kita bisa chat dengan customer service langsung di websitenya, dan responnya sangat cepat, jadi sangat membantu.

Nah, selama jalan-jalan ke Korea Selatan, saya sudah 3 kali membeli paket-paket wisata dari Funtastic Korea ini. Diantaranya saat mengunjungi Mt. Seorak dan Namsan Tower.

Pada saat tur, saya berdua dengan mama didampingi oleh seorang guide yang sangat fasih berbahasa Inggris. Dony, guide kami, menggunakan private van, dan kebetulan hari itu hanya kami pesertanya sehingga waktu tur menjadi lebih fleksibel.

Dony menjelaskan sejarah kota Busan, hingga akhirnya saya tau ternyata Busan terbagi menjadi 2 area, yakni downtown dan future town. Dony juga sangat sabar menunggu saya yang terlalu lama menghabiskan waktu untuk mengambil foto dan menyebabkan tur yang tadinya 2 jam menjadi 3 jam, haha…

 

Tempat menarik di Busan saat malam hari

Dalam paket wisata, seharusnya kami hanya akan singgah di 3 lokasi, namun beruntungnya kami diajak ke tempat ke-4 yang disebut oleh Dony sebagai “hidden gem”.

Berikut tempat menarik di Busan yang bisa kamu kunjungi saat malam hari:

  1. Observatory on Mt. Cheonma

    Dari sini, kami bisa melihat bagian downtown kota Busan dari ketinggian, termasuk landmark seperti Busan Harbour Bridge, Namhangdaegyo Bridge, dan Yeongdodaegyo Bridge.

    Downtown in Busan dari ketinggian
    Downtown in Busan dari ketinggian

    Namhangdaegyo bridge at night
    Namhangdaegyo bridge at night
  2. Gamcheon cultural village

    Merupakan desa tradisional yang dibangun oleh para pengungsi perang tahun 1950.

    Gamcheon cultural village
    Gamcheon cultural village di malam hari

    Gamcheon cultural village at night
    Gamcheon cultural village at night
  3. Songdo beach (skywalk)

    ​Kawasan pinggir pantai yang terkenal sebagai tempat romantis yang didatangi saat musim panas di malam hari.

    Songdo beach skywalk
    Saya sedang berdiri di Songdo beach skywalk
    Songdo beach skywalk
    Songdo beach skywalk

    wisata malam Busan
    Colorful night di Busan
  4. View of Busan Harbor bridge

    Menurut saya, ini tempat menarik di Busan yang super anti-mainstream, dan bener-bener hidden gem, dimana bisa foto Busan Harbor bridge dari jarak yang deket banget.

    Busan Harbour bridge
    Pesona Busan Harbour bridge di malam hari

    wisata malam Busan
    Pose cantik di tengah cuaca dingin di depan Busan Harbour bridge

Baca juga: Jalan-jalan ke Korea Selatan, Ini Itinerary Korea Selama 11 Hari

Jujur ini rasanya surga banget buat para adventurer dan photographer. Selain punya pengalaman menarik, bisa melihat pemandangan yang bagus, dan juga bisa punya stok foto yang menawan.

Cuma sayangnya waktunya singkat sekali jadi terasa kurang puas, tapi seneng banget haha.. Dan dingin banget karena kebetulan saya pergi saat winter, jadi pastikan siapkan baju dan perlengkapan yang sesuai.

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

Leave a Reply