Kamu Selalu Bingung Dalam Persiapan Liburan? Coba cek list berikut!

Apakah ada diantara kalian yang sering bingung hal apa saja yang harus disiapkan jika ingin jalan-jalan atau mungkin ada yang sering sekali ketinggalan barang saat berangkat liburan ?

Kalau jawabannya ya, berarti kalian harus membaca artikel ini.

Memiliki hobi dan pengalaman jalan-jalan, atau biasa kita sebut liburan, membuat saya yang tadinya pribadi yang ceroboh atau tidak terencana berubah menjadi orang yang “preparetionist”.

Membuat persiapan liburan bukan berarti menjadi tidak fleksibel, melainkan untuk memastikan bahwa kita nantinya akan benar-benar menikmati jalan-jalan tanpa disulitkan oleh hal-hal yang bisa kita hindari. Khususnya bagi orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk berlibur atau hanya memiliki budget sedikit, misalnya karyawan perusahaan, seperti saya hehe…

Nah, berikut daftar persiapan liburan yang bisa saya lakukan:

  1. Tiket pesawat atau tiket kereta

    Sebaiknya membeli tiket pesawat atau tiket kereta dari jauh hari untuk antisipasi harga tiket naik

  2. Paspor + Visa (untuk ke Luar negeri)

    Pastikan paspor kamu masih berlaku tidak kurang dari 6 bulan tanggal liburan. Kalau kamu berencana untuk liburan ke Korea atau Taiwan, kamu bisa melihat panduan pengalaman saya saat apply Visa Korea dan Visa Taiwan.

  3. Uang

    Bank notes atau mata uang asing untuk ke Luar negeri atau uang tunai untuk tujuan domestik. Kita memerlukan uang tunai untuk pembayaran di pedagang kecil ataupun tempat yang tidak memiliki EDC. Biasanya saya membeli Bank notes di Bank BCA, VIP Money changer , dan Peniti Money changer.

  4. SIM lokal dan internasional (untuk ke luar negeri)

    Negara tertentu mengharuskan kita memiliki SIM internasional untuk dapat berkendara. Namun ada negara yang tidak menerima SIM internasional Indonesia sehingga kita tidak bisa menyetir di negara tersebut, seperti Korea Selatan.

    Baca juga: Panduan membuat SIM Internasional

  5. Booking hotel

    Ada baiknya untuk memesan hotel yang masih dapat dibatalkan, seperti di Agoda, Booking.com. Tapi untuk harga yang lebih murah, juga bisa cek ke Airbnb.

  6. Sewa mobil

    Disesuaikan dengan kebutuhan, seperti kondisi dimana kendaraan umum yang tidak memadai, liburan dengan anak kecil atau orang tua. Contohnya seperti di Bali, akan lebih nyaman untuk sewa mobil dari pada naik kendaraan umum.

  7. Itinerary

    Buat itinerary perjalanan atau daftar tujuan wisata untuk setiap harinya dan buatkan rencana cadangan.

  8. Check-in online tiket pesawat

    Supaya nyaman diperjalanan, sebaiknya check-in online sebelum keberangkatan supaya bisa memilih tempat duduk. Masing-masing maskapai punya periode check in online yang berbeda.

  9. Sim Card atau sewa Modem Wifi

    Untuk tetap terhubung dengan media sosial ataupun untuk keperluan mencari jalan, kita perlu terkoneksi dengan internet. Kamu bisa menyewa modem wifi atau membeli simcard di negara tujuan. Disesuaikan dengan anggota yang berlibur. Kalau banyak orang akan lebih murah menyewa modem wifi. Untuk sewa modem wifi juga bisa dari Indonesia, salah satu yang bisa dipercaya adalah Jetfi. Saya sendiri sudah mencoba dan koneksi internetnya cepat dan stabil hingga ke pelosok.

    Nggak hanya ke luar negeri, di Indonesia juga perlu siapin simcard yang tepat, contohnya ke pulau Flores, sinyal yang ada hanya dari Telkomsel, jadi pastikan udah punya dulu sebelum tiba.

  10. Adapter listrik (untuk ke Luar negeri)

    Ini buat mengakomodir ujung colokan yang suka beda di luar negeri. Beli aja adapter yang all in one memang khusus travelling.

  11. Kamera

    Kamera dan perlengkapan lainnya seperti lensa, tambahan, charger, memory card, baterai cadangan, tripod, tongsis. Tentunya kalau liburan pengen eksis juga kan ya, jadi atribut kamera juga harus ready dan dalam keadaan baik. Semua baterai di charge, memory card dikosongkan dulu. Kamera dicoba dulu apakah bisa menyala.

  12. Charger HP

    Barang yang satu ini tak boleh ketinggalan. Plus power bank jika ada.

  13. Pakaian dan pakaian dalam sesuai dengan destinasi

    Khusus untuk musim dingin, kalian perlu membawa longjohn, sweater, coat, kaos kaki musim dingin, sarung tangan, syal, dan sepatu musim dingin.

 

Perlengkapan lainnya:

  • Sandal/ Sepatu
  • Aksesoris seperti topi, kalung, syal, sunglasses
  • Peralatan mandi : sampo, sabun, cuci muka, pasta gigi, sikat gigi, air softlens
  • Skin care seperti toner, moustorizer, sunblock, lotion, eyecream
  • Make up (untuk para wanita) seperti bedak, eyeliner, eyebrow, make up remover, kapas, cutton bud, parfum, deodoran
  • Sisir, hair dryer, dan catokan
  • Plastik untuk pakaian kotor
  • Payung atau jas hujan
  • Obat-obatan
  • Tissue kering dan tissue basah
  • Pena (biasanya buat nulis di form imigrasi jika ke luar negeri )

Sedikit cerita waktu saya liburan ke Korea tahun 2012, saya meninggalkan charger kamera saya di Seoul saat saya berangkat ke Busan dan Jeju, akibatnya saya harus menghabiskan waktu untuk mengunjungi beberapa toko di Jeju untuk membeli charger baru dan sempat membuat saya menjadi tidak nyaman saat liburan.

​​Selain menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, persiapan juga bisa membuat liburan menjadi lebih fantastis. Saya sudah mengunjungi 13 negara dan 59 kota dimana beberapa diantaranya saya kunjungi lebih dari 1x dan semoga akan terus bertambah, amin.

Biasanya yang saya lakukan adalah mencari tahu di internet mengenai destinasi yang akan saya kunjungi dan menyiapkan pakaian yang benar-benar tepat untuk lokasi tersebut. Hasilnya adalah foto amazing yang bisa kalian lihat di Instagram @lynnhalianto.

Teman-teman bisa menambahkan sendiri barang-barang yang secara khusus selalu dibawa saat bepergian. Semoga checklist ini bisa membuat liburan teman-teman menjadi lebih menyenangkan.

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

Leave a Reply