Raja Ampat, Tempat Wisata Terindah di Dunia

Saya pertama kali mendengar tentang wisata Raja Ampat sekitar tahun 2013. Saya melihat foto-foto Raja Ampat yang diposting oleh teman di sosial media. Tak salah memang keindahan alam Raja Ampat, tempat wisata terindah di dunia ini membuat saya berdecak kagum dan berangan-angan suatu saat saya ingin pergi ke sana.

Namun karena biaya liburan ke Raja Ampat terbilang cukup mahal, jadi saya perlu menabung terlebih dahulu dan akhirnya mimpi itu terealisasi di tahun 2018.

Gugusan Kepulauan Raja Ampat terletak di wilayah Papua Barat. Untuk sampai ke sini, saya mengambil penerbangan ke bandara Dominique Edward Osok, Sorong. Memang, ada beberapa pilihan maskapai penerbangan yang tersedia, saya sarankan untuk mengambil jadwal penerbangan malam sehingga bisa tiba di kota Sorong pada pagi hari.

​Dari bandara, saya dan teman-teman menuju hotel Vega untuk sarapan dan ganti baju, lalu langsung menuju Pelabuhan Perikanan. Kami lalu naik speedboat yang sudah di sewa untuk mengantar perjalanan kami selama di Raja Ampat.

Tujuan pertama kami adalah Doberai Private Island di pulau Urai. Doberai Private Island memiliki 2 jenis bungalow yakni Eco Bungalow dan Deluxe/ Suite Bungalow. Kami menginap di Deluxe Bungalow. Tersedia fasilitas AC, kamar mandi dalam, dan listrik pada malam hingga pagi hari.

Para tamu di resort ini diperbolehkan untuk menikmati pantai dan laut yang ada di sekitar resort. Saya sempat snorkeling, canoeing dan juga mencoba Discovery Scuba Diving di sini.

Baca juga: Diving di Raja Ampat, Melihat Keindahan Bawah Laut yang Mengagumkan

Raja Ampat
Doberai Private Island dari drone
Doberai Private Island Raja Ampat
Menikmati pemandangan dari dermaga Doberai Private Island

​Selain pantai di pulau Urai, pastinya ada banyak destinasi wisata di Raja Ampat yang bisa dinikmati. Berikut beberapa tempat wisata di Raja Ampat yang sempat saya kunjungi.

  1. Teluk Kabui

    ​Teluk Kabui berada di antara Pulau Waigeo dan Pulau Gam. Teluk Kabui memiliki puluhan bukit karst yang tersebar cukup luas dengan ukuran yang tidak seragam, ada yang kecil dan ada juga yang besar.

    Karst merupakan jenis bebatuan yang berasal dari lapisan lumpur batu gamping yang tertumpuk selama jutaan tahun.

    Nah, terdapat dua bukit karst yang paling terkenal yang kebetulan juga kami jumpai, yakni yang disebut masyarakat setempat sebagai Batu Pensil dan Batu Wajah. Disebut demikian karena bukit karst tersebut berbentuk menyerupai pensil dan wajah manusia.

    Di tepi Batu Pensil terdapat dermaga yang memungkinkan pengunjung untuk turun dan berfoto.

    Teluk Kabui
    Batu Wajah (kedua dari kiri) dan Batu Pensil (ketiga dari kiri) di Teluk Kabui

    Teluk Kabui
    Mengelilingi Teluk Kabui (Kali Raja)
  2. Sawandarek

    Sawandarek merupakan aquarium alami raksasa. Kenapa begitu? Karena di sini kamu bisa melihat kumpulan ikan warna warni yang berenang kesana kemari dengan lincahnya. Kalau kamu membawa roti atau biskuit, ikan-ikan cantik ini akan menghampiri kamu bahkan menggigit jemari mu yang memegang makanan.

    Kamu pun bisa mencoba berenang ke tempat yang lebih dangkal dan melihat terumbu karang yang cantik beserta ikan kecil yang berenang dan bermain di sekitar terumbu karang.

    Snorkeling di Sawandarek
    Snorkeling di Sawandarek
  3. ​Piaynemo dan pulau sekitarnya

    Di sini kamu bisa melihat kumpulan atau kompleks bebatuan karst dengan aliran air laut yang tenang di sekitarnya.

    Piaynemo seringkali disebut sebagai “Wayag kecil” karena pemandangan yang dilihat dari puncak Piaynemo bisa dibilang mirip dengan di Wayag. Namun, usaha untuk naik ke puncak Piaynemo jauh lebih mudah dibandingkan dengan naik ke Wayag karena sudah dibuatkan tangga yang berjejer rapi.

    Di sekitar Piaynemo terdapat juga pulau-pulau kecil yang bisa disinggahi untuk berfoto-foto atau istirahat makan siang.

    Waktu tempuh ke Piaynemo pun cukup singkat yakni sekitar 3 jam dari kota Sorong, atau sekitar 1 jam dari Doberai Private Island sehingga tidak heran untuk saat ini Piaynemo menjadi primadona di Raja Ampat.

    Baca juga: Mengagumi Keindahan Piaynemo Raja Ampat

    Piaynemo
    Asyiknya memandangi keindahan Piaynemo

    Sasukarures
    Indahnya pesona Sasukarures
  4. ​Wayag, Kampung Selpele, dan Camp Conservation International (CI).

    Wayag terletak dekat dengan Laut Halmahera (Halmahera Sea) sehingga membuat pemandangan laut dengan gradasi warna biru dan hijau ini menjadi lebih dramatis dan sensasional.

    Namun, untuk dapat melihat pemandangan yang spektakuler ini, kamu harus sedikit bersusah payah terlebih dahulu, yakni memanjat tebing batu karang untuk menuju ke puncak. Tapi jangan khawatir, akan ada guide resmi yang akan mendampingi dan membantu kamu untuk membawakan barang dan mengarahkan jalur mana yang bisa diambil.

    Baca cerita selengkapnya: Wayag, surga dunia yang tersembunyi

    Wayag Raja Ampat
    Pemandangan Wayag di Raja Ampat

Berlibur ke Raja Ampat tidaklah hanya melihat untuk pemandangan alam, tapi kamu juga bisa berinteraksi dengan penduduk setempat. Mengenal kehidupan dan aktivitas mereka.

Hal ini bisa didapatkan dengan berkunjung ke Kampung Selpele. Kampung Selpele ini merupakan kampung terakhir sebelum kita memasuki daerah Wayag. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke daerah Wayag harus singgah di Selpele untuk mengurus surat izin dan membayar retribusi. Teman-teman bisa membawa buku pelajaran, buku cerita, atau pensil warna untuk dibagikan kepada anak-anak di Selpele.

Kampung Selpele
Anak kampung Selpele yang malu-malu saat difoto

Selain itu, kamu juga bisa berenang bersama hiu di camp CI. Di sini, hiu hidup berdampingan dengan manusia. Sebelumnya saya sempat takut dengan hiu karena dari cerita di film kalau hiu suka memangsa manusia, tapi ternyata hal itu tidak benar. Usahakan kamu sudah menyiapkan ikan untuk diumpankan ke hiu, agar para hiu datang dan bisa berfoto bersama.

Bermain bersama hiu di Camp CI
Bermain bersama hiu di Camp CI
Wayag
Berenang bersama hiu di Wayag

Selain bermain bersama hiu, kamu juga bisa berenang di sepanjang pantai dan menikmati matahari terbenam.

​Tentu saja masih terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata di Raja Ampat yang bisa kamu jelajahi. Baik wisata alamnya, maupun budaya yang ada didalamnya. Semoga suatu saat saya dapat kembali ke Raja Ampat, untuk menikmati keindahan alam di negeri tercinta ini, salah satu tempat wisata terindah di dunia. Dan pastinya agar dapat membagikannya ke teman-teman semua.

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

Leave a Reply