Menikmati Kecantikan Bunga Sakura di Garden by The Bay

Memasuki musim semi, banyak orang pergi berlibur ke Jepang untuk melihat pemandangan bunga Sakura yang sedang mekar. Sakura merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi yakni sekitar akhir Maret hingga akhir Juni.

Di Jepang, mekarnya Sakura dimulai dari Okinawa di bulan Februari, dilanjutkan di pulau Honshu bagian sebelah barat, sampai di Tokyo, Osaka, Kyoto pada sekitar akhir Maret sampai awal April, lalu bergerak sedikir demi sedikit ke utara, dan berakhir di Hokkaido di saat liburan Golden Week.

Sayangnya, tidak semua orang bisa beruntung untuk pergi liburan ke Jepang karena biaya tiket pesawat dan akomodasi yang mahal, khususnya saat musim bunga Sakura. Selain itu, waktu tempuh menggunakan pesawat udara ke Jepang cukup lama, sehingga orang perlu mempersiapkan waktu liburan yang lebih panjang.

Tapi, siapa yang bilang kalau bunga Sakura hanya bisa dijumpai di Jepang?

Sekarang kamu bisa menjumpai bunga Sakura tanpa harus pergi ke Jepang. Semisal waktu jalan-jalan ke Taiwan saya sempat melihat Bunga Sakura di Wuling Farm. Nah, yang paling dekat, kamu bisa menikmati pesona bunga Sakura di Singapura. Cukup datang saja ke festival Matsuri Sakura di Flower Dome, Garden By The Bay, Singapura.

bunga sakura
Pohon bunga Sakura yang menjulang tinggi di Flower Dome

Ada lebih dari 400 pohon Sakura dengan berbagai jenis Sakura yang dapat kamu nikmati, termasuk Simple five-petal blossoms dan Double blossoms. Pohon Sakura ini adalah pohon asli dan dibawa langsung dari Jepang.

Bunga sakura
Five petals sakura, jenis bunga sakura yang paling banyak ditemui
Bunga sakura
Bunga Sakura jenis lainnya yang tidak bewarna pink
Bunga sakura
Jenis bunga sakura lainnya
Pesona bunga Sakura di Singapura
Double blossoms sakura

Terdapat Torii gates yang merupakan merupakan pintu masuk menuju taman bunga Sakura dan 15 torii lainnya yang dipasang berurutan untuk memberikan kesan sedang berada di Jepang. Terdapat juga miniatur kastil dan atribut Jepang lainnya di festival ini.

Festival bunga sakura
Torii tunnel di festival Matsuri Sakura
Garden by the bay
Miniatur kastil yang ada di festival Matsuri Sakura

Kamu diperbolehkan untuk menyentuh bunga Sakura tapi tidak memetiknya. Dan tentu saja, kamu bebas berfoto di setiap sudut pohon bunga Sakura. Bahkan terdapat staf dari Flower Dome yang siap sedia untuk membantu kamu yang ingin difoto.

Garden by the Bay
Pesona bunga Sakura di Flower Dome
bunga sakura
Bunga Sakura yang sudah mekar sempurna

Festival Matsuri Sakura ini diadakan setiap tahun di Flower Dome, Garden By The Bay. Waktunya bertepatan dengan musim semi yang sedang berlangsung di Jepang. Di tahun ini, festival berlangsung dari tanggal 9 – 31 Maret 2019. Saya merasa sangat beruntung karena bisa melihat langsung dan menikmati kecantikan bunga Sakura tahun ini di Singapura.

Pesona Bunga Sakura di Singapura
Wajah bahagia mengunjungi festival Matsuri Sakura
Garden by the bay
Keramaian pengunjung yang menikmati festival Matsuri Sakura

Selain melihat pesona bunga Sakura yang tersedia hanya saat festival, Saya juga menikmati bunga jenis lainnya yang tersedia sepanjang tahun di Flower Dome. Terdapat 8 bagian taman bunga yakni Baobabs and Bottle Trees, South American Garden, Succulent Garden, Californian Garden, Australian Garden, Mediteranian Garden, South African Garden, dan Olive Groove.

Garden by the bay
Californian Garden di Flower Dome
Garden by the Bay
Bunga Daisy yang ada sepanjang tahun di Flower Dome
Flower Dome
Flower Dome memberikan kesan seperti di taman bunga alami

Arsitektur gedung yang indah juga membuat tempat ini menjadi semakin menarik dan seru untuk dijadikan tempat untuk berfoto.

Garden by the Bay
Arsitektur Flower Dome yang menarik untuk berfoto

Flower Dome juga akan mengadakan festival Tulip Mania di bulan April, dan festival bunga lainnya yang akan diadakan secara bergantian sepanjang tahun.

Untuk masuk ke Flower Dome, kamu perlu membeli tiket terlebih dahulu. Kamu bisa membeli tiket langsung di loket yang tersedia di depan Flower Dome atau kalau mau lebih gampang lagi bisa melalui aplikasi KLOOK.

Klook.com

Saya sarankan untuk membeli melalui KLOOK karena ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

  1. Harga lebih murah.
  2. Tidak perlu mengantri di loket. Kamu hanya perlu menunjukkan confirmation code di pintu masuk Flower Dome untuk di-scan oleh petugas.
  3. Terdapat kode promo yang membuat harga menjadi lebih murah lagi.
  4. Dapat dibeli kapan saja termasuk pada saat kamu sudah berada di depan pintu masuk Flower Dome.
  5. Mendapat credit jika memberikan review di aplikasi, dimana credit dapat digunakan sebagai potongan pembayaran pada pembelian voucher di KLOOK selanjutnya.

Baca juga cerita perjalanan saya di Singapura.

Happy spring season!

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

Leave a Reply