Mengunjungi Treetop Walk di Singapura

Saya mengenal negara Singapura sebagai negara maju yang terus berkembang. Mulai dari infrastruktur, hotel, fasilitas umum, sampai dengan tempat wisata yang dibangun untuk menarik minat turis asing. Tapi yang menarik bagi saya adalah pemerintah Singapura tidak hanya fokus pada pembangunan resort ataupun themepark untuk turis, tetapi juga membangun dan melestarikan wisata alam untuk penduduknya.

Jarang diketahui oleh banyak orang (bahkan warga Singapura), ternyata negara Singapura memiliki cukup banyak wisata alam berupa waduk (reservoir), jembatan gantung, hutan wisata, taman bersejarah dan masih banyak lagi tempat wisata alam yang bisa dinikmati dengan gratis.

 

Treetop Walk

Salah satu tempat wisata yang menarik yang saya kunjungi adalah Treetop Walk. Treetop Walk merupakan jembatan gantung yang menghubungkan dua titik tertinggi di MacRitchie, yakni Bukit Pierce dan Bukit Kalang. Treetop Walk adalah puncak dari beberapa rute hiking panjang di MacRitchie yang menyajikan keberagaman jenis tanaman dan hewan di habitat alaminya. Panjang jembatan gantung adalah sekitar 250 meter. Jembatan gantung ini tidak terlalu lebar, hanya muat 2 orang secara bersamaan sehingga pengunjung hanya diperbolehkan melalui jembatan ini satu arah. Dari jembatan gantung, saya bisa melihat pepohonan rindang dan sebagian waduk.

Pengunjung tidak dipungut biaya untuk masuk ke kawasan ini. Meskipun gratis, tetap ada pengawas yang menjaga di pintu masuk menuju jembatan gantung. Pengawas memastikan keamanan pengunjung dan juga memastikan kondisi cuaca cukup baik untuk menentukan apakah pengunjung dapat memasuki area jembatan gantung atau tidak. Jika cuaca buruk, maka jembatan gantung akan ditutup sementara waktu demi keselamatan pengunjung.

Treetop Walk
Pintu masuk ke Treetop Walk
Treetop Walk
Memasuki area jembatan gantung Treetop Walk
Treetop Walk
Jembatan gantung Treetop Walk
Treetop Walk
Pemandangan dari jembatan gantung Treetop Walk
Treetop Walk
Pemandangan setelah melewati jembatan gantung Treetop Walk

Jam operasional Treetop Walk
Selasa – Jum’at : jam 9.00 am – 4pm
Sabtu, minggu, dan hari libur nasional : jam 8.30am – 5pm
*Tutup setiap Senin kecuali hari libur nasional

Tips :

  1. Karena jam operasionalnya adalah hingga jam 5pm, maka sebaiknya kamu sudah tiba di Ranger station (kantor penjaga TTW) jam 4.45 PM
  2. Sebaiknya gunakan sepatu olahraga dan pakaian yang nyaman agar lebih nyaman untuk melakukan trekking ke sini dan juga angin bertiup sangat kencang di atas jembatan gantung.
  3. Bawalah botol minum karena trekking akan cukup melelahkan dan terdapat tempat untuk isi ulang air minum.

Ada 2 akses menuju Treetop walk, yakni dari MacRitchie reservoir park (berjarak 4,5Km) atau car park at Venus drive (berjarak 2,5Km). Saya memilih mulai dari MacRitchie reservoir park sambil menikmati pemandangan sekitar.

 

MacRicthie Reservoir Park

MacRicthie reservoir adalah waduk tertua di Singapura, yang selesai dibangun pada tahun 1868. Waduk ini terhubung dengan waduk di Marina Bay Sands dan merupakan bagian dari sistem resapan air yang menampung air hujan untuk melestarikan taman dan cagar alam di Singapura.

MacRitchie reservoir terletak di kawasan Upper Thomson. Transportasi yang paling mudah adalah taksi sekitar 15 menit dari kota. Penggunaan kendaraan umum seperti MRT dan bus kurang efektif karena jarak stasiun MRT terdekat sekitar 1km dari tempat ini.

Saya tidak melakukan pencarian informasi yang detil di internet mengenai tempat ini dan tentu saja saya awalnya tidak memiliki ekspektasi yang tinggi mengenai kondisi waduk di negara maju yang terkenal dengan gedung bertingkat dan wahana bermain ini. Saya terkejut dan terkesima saat tiba di MacRitchie reservoir. Saya melihat pemandangan waduk dengan taman yang asri dan pepohonan yang rindang serta udara yang begitu segar karena saya datang di pagi hari.

MacRitchie reservoir
Menikmati pemandangan di MacRitchie reservoir
MacRitchie
Pemandangan di MacRicthie reservoir

Terdapat fasilitas kamar mandi, loker, toilet, isi ulang air minum, dan kios makanan di sini. Dan seperti kondisi Singapura pada umumnya, tempat ini sangat bersih dan tidak ada sampah berserakan. Terlihat banyak orang yang datang untuk olahraga, jogging, taichi, dan bermain kano. Di sini merupakan tempat latihan kano yang paling ramai di Singapura. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pagi dan sore hari.

MacRitchie reservoir park
Jogging di MacRitchie reservoir park
MacRitchie reservoir
Orang-orang yang bermain kano di MacRitchie reservoir

 

Jelutong Tower

Sebenarnya saya tidak berniat untuk mengunjungi Jelutong Tower, namun karena asyik mengobrol selama trekking menuju Treetop Walk, tidak sadar ternyata saya sampai di Jelutong Tower. Jelutong tower merupakan satu rangkaian destinasi wisata di kawasan MacRitchie. Terdapat anak tangga yang membawa saya ke puncak tower sehingga saya bisa menikmati pemandangan kota Singapura beserta keasrian pepohonan dari ketinggian.

Jelutong tower
Akhirnya sampai di Jelutong tower
Jelutong tower
Menikmati pemandangan di Jelutong tower
Jelutong tower
Pemandangan Singapura dari Jelutong tower

Selamat menikmati wisata alam di Singapura 🙂

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

1 Response

Leave a Reply