Panduan Liburan ke Hokkaido

Saat memutuskan liburan ke Jepang di musim dingin, saya langsung memantapkan niat untuk mengunjungi Hokkaido. Hokkaido merupakan pulau kedua terbesar di Jepang dan berada di bagian paling utara. Hal ini yang membuat Hokkaido memasuki musim dingin lebih dulu dibanding kota lainnya di Jepang lainnya seperti Tokyo dan Osaka. Selain itu, suhu udara di Hokkaido pun jauh lebih dingin.

Hokkaido memiliki 74 kota antara lain Sapporo, Hakodate, Ashikawa, Otaru, Kushiro, Kitami, Nemuro, Abashiri, dan masih banyak lagi. Namun saya hanya mengunjungi beberapa kota dan tempat wisata yang terkenal, yakni Sapporo, Otaru, Lake Toya dan Hakodate. Hal ini dikarenakan jarak ke kota lain cukup jauh dan waktu yang terbatas.

Transportasi menuju Hokkaido

Terdapat 2 cara untuk menuju Hokkaido yakni dengan menggunakan pesawat udara dan kereta cepat Shinkansen. Saya menggunakan pesawat terbang dari maskapai Jetstar saat menuju ke kota Sapporo dan menggunakan Shinkansen saat meninggalkan Hakodate menuju Osaka.

Hokkaido sendiri memiliki 11 bandara yang tersebar di beberapa kota, yakni di Sapporo, Hakodate, Asahikawa, Obihiro, Kushiro, Kitami, Wakanai, Monbetsu, dan Nemuro Nakashibetsu dengan jumlah penerbangan yang bervariasi untuk setiap kota.

Dasar pertimbangan saya adalah biaya dan waktu yang tentu saja akan berdampak ke itinerary liburan. Biaya yang saya maksud adalah biaya pesawat terbang dan tiket Shinkansen atau JR Pass. Harga tiket pesawat dari bandara Narita ke Sapporo sekitar Rp 1.200.000 (dapat berubah sewaktu-waktu). Waktu perjalanan dengan pesawat hanya 1 jam, sedangkan dengan Shinkansen sekitar 4-6 jam.

Transportasi di dalam Hokkaido

Selama liburan di Hokkaido, saya mencoba berbagai macam transportasi umum seperti bus, kereta, dan tram. Sama seperti di kota Jepang lainnya seperti Tokyo, transportasi umum di Hokkaido juga sangat memadai dan nyaman untuk digunakan.

Saya mencoba tram di kota Sapporo
Saya mencoba tram di kota Sapporo

Saya menggunakan kartu SUICA sebagai alat pembayaran transportasi umum selama di Hokkaido. Kartu SUICA dapat dibeli secara online melalui aplikasi KLOOK atau juga bisa dibeli langsung di minimarket di Jepang dan dapat diisi ulang di mesin yang tersedia di stasiun kereta dan minimarket.

Jika kamu akan berencana untuk mengunjungi banyak tempat saat liburan di Hokkaido, kamu juga bisa membeli JR Pass khusus untuk area Hokkaido.

Biaya transportasi bervariasi tergantung dengan jarak perjalanan, tapi khusus untuk biaya tram di Sapporo, biayanya tetap yakni 200 Yen untuk orang dewasa dan 100 Yen untuk anak-anak.

Hotel

Selama di Hokkaido, saya menginap di 3 hotel, hotel WBF Sapporo North Gate di Sapporo, hotel Toya Kanko di Lake Toya, dan hotel WBF Hakodate Watatsuminoyu di Hakodate.

Saya memilih ketiga hotel tersebut dengan mempertimbangkan faktor harga, lokasi, lingkungan, fasilitas, dan review di aplikasi. Lokasi ketiga hotel ini dekat dengan transportasi umum, tempat makan atau tempat wisata, sehingga saya dapat menghemat tenaga saat membawa koper ataupun membawa barang belanjaan saat menuju hotel, mudah mencari makanan dan tentunya menghemat waktu saat akan berpergian.

Selain itu, hotel Toya Kanko dan WBF Hakodate Watatsuminoyu memiliki fasilitas onsen (pemandian air panas) yang dapat dinikmati secara gratis dan sangat bermanfaat khususnya saat liburan di musim dingin karena dapat menyegarkan tubuh setelah kedinginan dan kelelahan seharian berkeliling.

Wisata

Saya sangat senang karena sudah mengunjungi beberapa tempat wisata dan atraksi yang menurut saya menarik dan wajib dikunjungi saat liburan ke Hokkaido. Ada tempat wisata atau atraksi yang mengharuskan kita untuk membayar, ada juga yang gratis. Berikut beberapa tips untuk meminimalkan biaya saat liburan di Hokkaido :

  1. Membeli Hokkaido Enjoy Pass
    Karena saya memiliki waktu beberapa hari untuk meng-explore beberapa kota di Hokkaido, saya memutuskan untuk membeli Hokkaido enjoy pass. Hokkaido Enjoy Pass terdiri dari 10 tiket masuk atraksi wisata menarik di Hokkaido dan berlaku selama 15 hari sejak tanggal penukaran.
    Terdapat 2 jenis Hokkaido Enjoy Pass yakni Northern and Eastern Hokkaido dan Southern Hokkaido. Saya membeli Southern Hokkaido Enjoy Pass melalui aplikasi KLOOK dan melakukan penukaran di bandara New Chitose, Sapporo. Selain membuat saya menghemat biaya tiket masuk, saya juga mendapatkan potongan harga karena sedang ada promosi serta mendapatkan poin karena memberi ulasan di aplikasi KLOOK. Poin ini nantinya dapat saya gunakan untuk membeli voucher untuk atraksi wisata yang lain.

    Saya membeli Hokkaido enjoy pass supaya lebih hemat
    Saya membeli Hokkaido enjoy pass supaya lebih hemat
    Pemandangan kota Sapporo yang terlihat rapi dan indah saat sore hari dari Sapporo TV tower
    Pemandangan kota Sapporo yang terlihat rapi dan indah saat sore hari dari Sapporo TV tower
    Saya bersiap untuk mengelilingi Lake Toya bersama Lake Toya cruise di Hokkaido
    Saya bersiap untuk mengelilingi Lake Toya bersama Lake Toya cruise

    Menikmati sunset di Hakodate menjadi salah satu pilihan aktivitas saat liburan ke Hokkaido
    Menikmati sunset yang menghiasi kota Hakodate saat liburan ke Hokkaido
  2. Membeli voucher makan seafood (king crab) di Nijo fish market Sapporo
    Belum lengkap rasanya liburan ke Hakkaido kalau tidak mencicipi king crab dan sashimi di Nijo fish market, Sapporo. Karena harga king crab dan sashimi cukup mahal, saya membeli voucher untuk makan di restoran Kitano Gurume-Tei di aplikasi KLOOK dan membayar kelebihan tagihan dengan kartu kredit saat di restoran. Tentu saja biaya yang saya bayar menjadi lebih murah.
    Saya sangat puas makan di restoran ini karena kepiting dan sashiminya sangat segar dan enak dan pelayanan di restoran juga sangat baik. Karena membeli voucher melalui aplikasi KLOOK, saya juga dapat menikmati layanan antar jemput dari restoran, sehingga menghemat biaya transportasi. Untuk menggunakan jasa antar jemput, pengunjung perlu melakukan reservasi sehari sebelumnya.

    Tiba di Kitano Gurume-Tei di Nijo market
    Tiba di Kitano Gurume-Tei di Nijo market
    Kita bisa memilih kepiting sendiri di Kitano Gurume-Tei
    Kita bisa memilih kepiting sendiri di Kitano Gurume-Tei
    Kepiting di Kitano Gurume-Tei ukurannya sangat besar
    Kepiting di Kitano Gurume-Tei ukurannya sangat besar
    Suasana restoran Kitano Gurume-Tei di Hokkaido
    Suasana restoran Kitano Gurume-Tei di Hokkaido

    Wajah bahagia sebelum menyantap salah satu makanan terlezat di Jepang
    Wajah bahagia sebelum menyantap salah satu makanan terlezat di Jepang
  3. Mencoba kegiatan outdoor saat musim dingin
    Karena sudah pernah bermain ski, saya memutuskan untuk mencoba kegiatan musim dingin lainnya yakni snowmobiling (mengendarai snowmobile) di Hokkaido. Snowmobile merupakan kendaraan bermotor yang didesain khusus untuk berkendara di musim dingin, khususnya diatas es dan salju dan biasanya dikendarai di area terbuka. Dan untuk mendapatkan diskon, saya membeli voucher snowmobile melalui aplikasi KLOOK yang sudah termasuk paket snowmobile, pakaian, atribut, guide, dan antar jemput ke lokasi. Saya mengendarai snowmobile masuk ke area hutan yang sudah ada jalurnya. Bagaimana rasanya ?seru banget. Karena tidak hanya karena memacu adrenalin, saya juga menikmati udara segar dan pemandangan yang asri di sepanjang jalur.

    Snowmobile Land Sapporo merupakan salah satu favorit wisata liburan ke Hokkaido
    Melakukan registrasi terlebih dahulu saat tiba di Snowmobile Land Sapporo
    Pengalaman seru saat mengendarai snowmobile di Snowmobile Land Sapporo
    Pengalaman seru saat mengendarai snowmobile di Snowmobile Land Sapporo
    Guide snowmobile yang mendampingi saya
    Guide snowmobile yang mendampingi saya

    Halaman Snowmobile Land Sapporo yang sangat luas
    Halaman Snowmobile Land Sapporo yang sangat luas

Tentu saja masih banyak voucher wisata di Hokkaido yang bisa dibeli melalui aplikasi KLOOK ataupun online travel agent lainnya yang memberikan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan membeli langsung di lokasi. Dan untuk melihat daftar tempat wisata yang saya kunjungi dan itinerary perjalanan liburan ke Hokkaido bisa dilihat di sini.

Berbeda dengan Tokyo atau Osaka yang terkesan sangat ramai, sibuk dan bising, suasana di Hokkaido lebih tenang, ramah dan romantis. Pastinya saya akan kembali ke Hokkaido untuk mengunjungi kota lain yang tidak kalah cantik dengan dengan Sapporo, Lake Toya, dan Hakodate. Selamat menikmati liburan ke Hokkaido.

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

Leave a Reply