Panduan penggunaan JR Pass

Jepang merupakan salah satu negara tujuan wisata yang sangat diminati oleh banyak wisatawan dari seluruh dunia termasuk Indonesia.

Banyak hal yang membuat para wisatawan memasukan Jepang sebagai tempat tujuan wisata favorit mereka, diantaranya adalah pemandangan alam yang indah seperti pesona kecantikan bunga sakura yang akan bermekaran saat awal musim semi, keindahan gunung Fuji yang ditutupi es, bangunan temple/ shrine yang unik dan tradisional, dan masih banyak lagi.

Pemerintahan Jepang sangat peduli dan menyambut baik para wisatawan yang berkunjung ke Jepang. Hal ini terbukti dari disediakannya berbagai paket wisata dan pilihan transportasi yang dapat digunakan oleh para wisatawan untuk mengakses banyak area di Jepang seperti JR Pass.

JR Pass merupakan tiket terusan yang dapat digunakan untuk semua jalur transportasi dari Japan Railway (JR) Group dalam waktu tertentu dan hanya bisa digunakan oleh wisatawan dengan kategori temporary visitor.

 

Formulir yang harus diisi saat akan menukarkan JR Pass
Formulir yang harus diisi saat akan menukarkan JR Pass

Harga JR Pass terbilang cukup mahal sehingga kamu perlu mempertimbangkannya sebelum membeli dan tentu saja menggunakannya semaksimal mungkin.

Daftar harga JR Pass dalam mata uang Yen Jepang
Daftar harga JR Pass dalam mata uang Yen Jepang

Berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang JR Pass :

Kapan perlu membeli JR Pass

  1. Lama waktu liburan
    Tersedia 3 pilihan durasi untuk JR Pass, yakni 7, 14, dan 21 hari, sehingga akan lebih efektif untuk wisatawan yang berlibur untuk jangka waktu minimal 7 hari.
  1. Itinerary liburan (kota yang akan dikunjungi)
    Ada beberapa kota yang cukup terkenal dan paling banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Jepang, yakni Tokyo, Osaka, Kyoto, Toyama, Hakodate, dan Sapporo. Untuk dapat berpindah dari satu kota ke kota lain, misalnya dari Tokyo ke Osaka, kamu bisa menggunakan kereta cepat Shinkansen yang di-cover oleh JR Pass. JR Pass akan efektif jika kamu menggunakan kereta cepat Shinkansen sebanyak minimal 2 kali, yakni pulang pergi dari Tokyo ke Osaka.
Tiket reserved seat kereta Shinkansen
Tiket reserved seat kereta Shinkansen yang saya beli dengan menggunakan JR Pass
Suasana di dalam kereta Shinkansen
Suasana di dalam kereta Shinkansen

Panduan Pembelian

  1. Pembelian dapat dilakukan secara online melalui aplikasi seperti KLOOK atau Traveloka atau melalui offline travel agent di luar Jepang.
    Umumnya JR Pass dijual dengan harga yang hampir semua di online travel agent. Namun sebaiknya kamu menunggu promo agar mendapatkan diskon. Seringkali promo berlaku setiap tanggal 2 Feb, 3 Maret, dan seterusnya, atau bisa juga apabila akan memasuki musim yang baru. Untuk menyambut musim semi, KLOOK memberikan diskon dengan tema Blushing Sakura.
    Waktu liburan ke Jepang kemarin, saya membeli JR Pass melalui aplikasi KLOOK dengan diskon sekitar Rp 700.000 ditambah dengan tambahan voucher senilai Rp 350.000 untuk berbelanja atraksi Jepang lainnya di aplikasi KLOOK, sehingga total diskon menjadi sekitar Rp 1.050.000.
  2. Pilih periode dan tipe JR Pass sesuai kebutuhan.
  3. Pastikan kamu melalui counter imigrasi manual agar mendapatkan stempel karena seringkali perlu ditunjukkan saat aktivasi.

Tip and trik penggunaan

  1. Begitu tiba di Jepang, sebaiknya langsung melakukan aktivasi JR Pass. Aktivasi dapat dilakukan di hamper semua stasiun JR di seluruh area Jepang termasuk bandara Narita dan Kansai.
  2. Kamu dapat memilih tanggal mulai aktif sesuai kebutuhan. Misalkan kamu tiba di Jepang tanggal 20 maret 2020, dan baru akan menggunakannya tanggal 26 Maret 2020. Kamu dapat menukarkan JR Pass sejak tanggal 20 Maret 2020 untuk digunakan dan berlaku mulai tanggal 26 Maret 2020.
  3. Lakukan pembelian tiket Shinkansen sekaligus untuk beberapa tanggal keberangkatan. Hal ini untuk menghindari tidak mendapatkan tempat duduk, khususnya apabila berpergian saat high season atau harus menyesuaikan dengan jadwal bus.
  4. Apabila ingin merubah jadwal keberangkatan, bisa datang ke stasiun JR kapan saja dan tidak dikenakan biaya.
  5. Saat menggunakan JR Pass, kamu harus melalui gate manual dan menunjukkannya kepada petugas.
  6. Apabila terdapat beberapa pilihan rute transportasi lokal yang dapat dipilih, sebaiknya memilih jalur JR agar dapat menghemat biaya.
Antri untuk memproses JR Pass
Antri untuk memproses JR Pass
Tiket Shinkansen yang saya pesan sekaligus di JR office
Tiket Shinkansen yang saya pesan sekaligus di JR office

Sekian informasi dari saya, semoga bisa membantu dalam penggunaannya. Dan selamat liburan ke Jepang.

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

Leave a Reply