Destinasi Wisata di Bali yang Instagramable

Terlahir sebagai orang Indonesia membuat saya merasa beruntung karena Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki keindahan alam yang luar biasa serta adat istiadat dan budaya yang sangat menarik untuk dipelajari.

Salah satu tujuan wisata Indonesia yang paling dikenal adalah pulau Bali. Pulau yang sering dijuluki Pulau Dewata ini seperti sebuah paket lengkap. Tak hanya pantai yang dapat dinikmati di sini. Pemandangan sawah, gunung, museum, karya seni, kuliner, suasana pedesaan bahkan pasar tradisional menjadikan Bali menjadi tujuan wisata yang sangat ramai dikunjungi, baik oleh turis lokal maupun mancanegara.

Saya sendiri sudah beberapa kali mengunjungi pulau Bali dan masih akan sering berkunjung ke sana karena masih banyak destinasi wisata di Bali yang ingin saya datangi, dan karena kerinduan akan makanan khas Bali yang lezat. Selain untuk tempat berlibur dan refreshing, Bali juga memiliki banyak lokasi yang Instagramable.

Di bawah ini saya cantumkan beberapa destinasi wisata di Bali yang menjadi favorit saya.

  1. Desa Adat Panglipuran.

    ​Desa ini terletak di daerah kabupaten Bangli. Sesuai dengan namanya, desa adat Panglipuran masih mempertahankan arsitektur, adat dan budaya tradisional Bali. Suasananya tenang, terutama di sore hari, dan penduduknya ramah dan menyenangkan.

    Desa ini buka setiap hari untuk dikunjungi dari pagi hingga sore hari, kecuali pada hari-hari tertentu sewaktu diadakannya perayaan adat. Untuk masuk, pengunjung harus membayar retribusi seharga Rp15.000 untuk warga Indonesia dan Rp30.000 untuk turis asing.

    Di desa adat Panglipuran terdapat rumah penduduk tradisional berjajar rapi. Di ujung desa terdapat Pura, tempat warga desa bersembahyang. Karena tempat ini merupakan pemukiman warga, maka para pengunjung harus menjaga kesopanan dan perilaku saat berada di sini.

    Desa adat Panglipuran
    Foto wajib kalau mengunjungi desa adat Panglipuran
    Desa adat Panglipuran
    Bercanda dengan warga di desa adat Panglipuran

    Desa adat Panglipuran
    Anjing milik warga di desa adat Panglipuran
  2. Pantai Tegal Wangi

    ​Ingin merasakan jacuzzi di alam terbuka? Di sinilah tempatnya. Pantai ini juga terkenal akan keindahan sunset-nya yang kita bisa nikmati dari atas tebing ataupun langsung dari bibir pantai. Karena suasananya yang romantis di senja hari, lokasi ini sering dimanfaatkan untuk berfoto pre-wedding.

    Kita tidak dipungut biaya untuk masuk ke area pantai selain biaya parkir kendaraan.

    Pantai Tegal Wangi
    Menikmati jacuzzi alami di pantai Tegal Wangi
    Pantai Tegal Wangi
    Menikmati sunset sambil berendam di jacuzzi alami

    Pantai Tegal Wangi
    Sunset di pantai Tegal Wangi
  3. Pura Luhur Lempuyang

    ​Biasa dikenal dengan sebutan The Gate of Heaven karena memiliki gapura di ketinggian dengan latar belakang Gunung Agung yang luar biasa gagah dan indah.

    Sama dengan pura di Bali pada umumnya, terdapat aturan khusus mengenai cara berpakaian. Baik pria maupun wanita harus menggunakan sarung sebagai penutup bagian bawah tubuh. Sarung dapat dipinjam di loket masuk dengan memberi sumbangan seikhlasnya.

    Pura Luhur Lempuyang
    The Gate of Heaven
    Pura Luhur Lempuyang
    Berlatarkan Pura Luhur Lempuyang

    Pura Luhur Lempuyang
    Pemandangan Pura Lempuyang Luhur dengan latar belakang Gunung Agung
  4. Campuhan Ridge Walk

    ​Bagi mereka yang ingin menikmati suasana yang berbeda dari suasana pantai, berjalan kaki (trekking) di bukit Campuhan merupakan wisata yang menarik. Sebaiknya kita datang di pagi hari saat matahari baru mulai terbit. Di sini kita bisa melihat pemandangan Gunung Agung di kejauhan, hamparan sawah, dan rerumputan yang membentang luas yang memberikan kedamaian dan ketenangan bagi kita.

    Campuhan Ridge Walk
    Menuju ke Campuhan Ridge Walk
    Campuhan Ridge Walk
    Potret suasana pagi hari di Campuhan Ridge Walk
    Campuhan Ridge Walk
    Hijau di sepanjang mata memandang

    Campuhan Ridge Walk
    Bermain ayunan di Campuhan Ridge Walk
  5. Hidden Canyon Beji Guwang

    ​Erosi aliran sungai yang terjadi selama ratusan hingga ribuan tahun, membentuk sebuah ngarai yang sangat cantik di Desa Guwang, Sukawati, Gianyar. Untuk dapat masuk ke sini, kita harus ditemani oleh guide yang sudah disediakan karena memang cukup sulit untuk dilalui dan sedikit berbahaya.

    Total panjang area ini sekitar 700 meter dan dibagi menjadi 3 bagian. Terdapat beberapa bagian tertentu yang mengharuskan kita untuk masuk ke air, jadi sebaiknya barang penting tidak perlu dibawa atau dapat dititipkan ke guide.

    Walaupun medannya terbilang cukup sulit, tapi keindahan Hidden Canyon Beji Guwang ini tidak akan membuat anda menyesal datang ke sini.

    Beji Guwang Hidden Canyon
    Selfie di Beji Guwang

    Beji Guwang
    Memandangi kecantikan gua di Beji Guwang
  6. Tegalalang Rice Field

    ​Bagi orang Indonesia, pemandangan sawah tentu merupakan hal yang biasa. Namun, Tegalalang memiliki keunikan, yaitu hamparan sawah yang luas, tersusun rapi dan berteras, atau istilahnya, terasering. Keindahannya membuatnya menarik untuk dinikmati oleh mata dan juga oleh kamera.

    Tak heran jika tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para turis lokal dan mancanegara. Tempat ini berlokasi di utara Ubud, dan waktu terbaik untuk datang ke sini adalah di pagi hari.

    Tegalalang Rice Field
    Mengunjungi Tegalalang Rice Field

    Tegalalang Rice Field
    Pemandangan Tegalalang Rice Field yang asri
  7. Pantai Geger

    Satu lagi destinasi wisata di Bali yang menu​rut saya instagramable adalah Pantai Geger. Berbeda dengan pantai di Bali pada umumnya, pantai Geger ini cukup tenang dan kebanyakan pengunjungnya adalah warga Bali sendiri. Pantai ini cukup luas dan dilengkapi dengan tebing dan karang sehingga membuatnya menjadi lebih eksotis.

    Suasananya yang cukup tenang membuat saya merasa berada di pantai pribadi dan sangat leluasa untuk bermain-main dan berfoto.

    Pantai Geger
    Birunya air di pantai Geger
    Pantai Geger
    Santai sore di pantai Geger
    Pantai Geger
    Menikmati keindahan pantai Geger

    Pantai Geger
    Mengabadikan keindahan pantai Geger

Jadi destinasi mana yang menjadi favoritmu?

***

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

3 Responses
  1. Julian

    Artikel yg menarik. Terima kasih atas informasi mengenai aplikasi Skyscanner. Saya akan download dan pakai Skyscanner juga.

Leave a Reply