Merayakan Ulang Tahun di Disneyland Hongkong

Hari ulang tahun memiliki makna yang berbeda-beda bagi setiap orang. Bagi saya sendiri, hari ulang tahun adalah hari istimewa dimana saya boleh melakukan apa saja yang saya suka dan membuat saya bahagia. Saya suka dengan kegiatan outdoor, baik melihat pemandangan yang indah seperti ke pantai atau taman ataupun pergi ke theme park.

Dreams come true. Keinginan saya untuk merayakan ulang tahun di Disneyland pun akhirnya terealisasi di Disneyland Park Hongkong. Bukan tanpa alasan saya menginginkan hal ini untuk hadiah ulang tahun saya, tapi karena Disneyland memiliki berbagai wahana, atraksi, dan pertunjukan menarik dan sangat menghibur. Dan saya setuju dengan ucapan banyak orang bahwa Disneyland merupakan tempat paling bahagia di Bumi.

Baca juga : Birthday Getaway in Singapore

Disneyland Hongkong
Desain interior kereta MRT menuju Disneyland Hongkong
Disneyland
Sempatkan untuk membeli ice cream Minnie Mouse
Disneyland
Wajah bahagia  berkeliling Disneyland Park
Disneyland
Kamu juga bisa membeli balon berbentuk kepala Mickey di Disneyland

Disneyland Park Hongkong memiliki 7 area, antara lain Mystic Point, Grizzly Gulch, Toy Story Land, Adventureland, Fantasyland, Tomorrowland, dan Main Street, U.S.A. Masing-masing area memiliki tema dan wahana sesuai dengan namanya. Selain itu juga terdapat pertunjukan dan meet-up dengan karakter pada jam-jam tertentu.

Tips saat mengunjungi Disneyland Park :

  1. Beli tiket masuk secara online melalui aplikasi KLOOK

Harga tiket masuk lebih murah dan memiliki antrian khusus saat sehingga lebih cepat saat masuk ke Disneyland Park.

  1. Download aplikasi Disneyland Hongkong

Aplikasi Disneyland Hongkong menyediakan informasi mengenai jam operasional, jadwal pertunjukan, peta Disneyland Hongkong yang menunjukan lokasi seluruh wahana dan waktu tunggu untuk setiap wahana, toko souvenir, tempat makan, toilet, guest service, dan hotel.

  1. Tentukan wahana dan pertunjukan yang ingin dikunjungi

Sebagian besar wahana di Disneyland memiliki antrian panjang yang cukup menghabiskan waktu. Sebaiknya kamu sudah menentukan prioritas wahana dan pertunjukan yang ingin dikunjungi sesuai jadwal yang ada di aplikasi.

  1. Standby di lokasi pertunjukan minimal 15 menit sebelum pertunjukan dimulai untuk mencari spot terbaik karena setiap pertunjukan akan dipenuhi banyak orang.
  1. Kunjung toko souvenir untuk membeli atau hanya foto narsis dengan boneka, topi, bando, dan souvenir Disney lainnya. Toko souvenir buka hingga malam hari, jadi kalau ingin membeli dalam jumlah banyak, sebaiknya di malam hari saja, setelah puas bermain dengan semua wahana.

Beberapa wahana yang sempat saya kunjungi adalah Raft to Tarzan’s treehouse, Tarzan’s treehouse, Fairy Tale Forest, It’s a small world, dan Iron man experience.

Disneyland
Wajah bahagia saat berkeliling di Disneyland Park
Fairy Tale Forest Disneyland
Mengunjungi Fairy Tale Forest di Disneyland Park
Disneyland
Melihat beberapa peralatan di Tarzan’s Treehouse
Disneyland
Berfoto bersama karakter di Disneyland
Disneyland
Berfoto sebelum masuk ke dalam It’s a Small World
Disneyland Hongkong
Ada Moana juga loh di Disneyland Park Hongkong

Saya juga menonton pertunjukan yang sangat keren dan menghibur yakni Pixar Water Play street party, We love Mickey!, Disney Paint the Night parade.

Disneyland show
Pertunjukan pertama hari ini bersama Mickey, Minnie, dan Goofy
Disneyland
Karakter Disney lainnya saat parade siang hari
Disneyland
Hello mister Buzz
Disneyland
Halo Pooh!
Toy Story Disneyland Hongkong
Ada juga karakter Toy Story di parade siang hari
Water show Disneyland
Menikmati pertunjukan Pixar Water Play street party
Disneyland
Masih menikmati pertunjukan Pixar Water Play street party
We love Mickey! at Disneyland
Pertunjukan We love Mickey! yang seru dan keren banget
Disneyland
Saatnya menikmati pertunjukan Disney Paint the Night Parade
Disneyland parade
Minnie beraksi di Disney Paint the NIght Parade
Disneyland parade
Mickey menutup acara Disney Paint the Night Parade

Disney Explorers Lodge

Selain mengunjungi Disneyland Park, saya juga menginap di Disney Explorers Lodge, salah satu hotel yang ada di Disneyland Hongkong. Disneyland menyediakan shuttle bus gratis setiap 30 menit dari Disneyland Park ke semua hotel di Disneyland dan sebaliknya.

Sesuai namanya, Disney Explorers Lodge menggunakan tema explorer atau penjelajah untuk desain interior hotel, kostum pegawai hotel, menu makanan, toko souvenir dan kegiatan yang disediakan di hotel.

Disney Explorers Lodge
Selamat datang di Disney Explorers Lodge
Disney Explorers Lodge
Banyak gambar dan pajangan karakter Disney di hotel
Disney Explorers Lodge
Resepsionis di Disney Explorers Lodge Hongkong
Disney Explorers Lodge
Melihat beberapa koleksi Disney di lobi hotel

Kamar tidur
Seperti anak kecil yang sedang menjemput hadiah, saya sangat bersemangat saat memasuki kamar. Kamarnya sangat luas dan dihiasi dengan pernak pernik serta amenities yang berbentuk dan bergambar Mickey mouse. Saya merasa sangat senang dan bahagia sekali. Saya juga mendapat kue ulang tahun yang dibentuk dari handuk dengan boneka mirip Chip n Dale di atasnya. Kue ulang tahunnya masih saya simpan hingga sekarang.

Semua kamar di Disney Explorers Lodge didesain untuk kapasitas 4 orang sehingga sangat cocok untuk liburan keluarga. Disney Explorers Lodge juga menyediakan amenities, sendal hotel, dan robe untuk 2 orang dewasa dan 2 anak kecil. Disneyland selalu menarik hati saya karena selalu memperhatikan setiap detil untuk membuat tamunya bahagia.

Disney Explorers Lodge
Suasana standar room di Disney Explorers Lodge Hongkong
Disney Explorers Lodge
Suasana kamar Disney Explorers Lodge di pagi hari
Disney Explorers Lodge
Kue ulang tahun dan ucapan dari Disney Explorers Lodge
Disneyland
Happy birthday to me from Disneyland
Disneyland Hongkong
Amenities yang berbentuk kepala Mickey dan boleh dibawa pulang

Rekreasi
Disney Explorers Lodge menyediakan kolam renang yang diberi nama Rain Drop Pool dan taman dengan 4 nama dan nuansa yang berbeda, yakni Kevin Garden yang bernuansa Amerika Selatan, Little Squirt Garden yang bernuansa Oceania, Hathi Jr. Garden yang bernuansa Asia, dan Rafiki Garden yang bernuansa Savannah Afrika.

Selain itu, seluruh tamu yang menginap di Disney Explorers Lodge dapat mengikuti berbagai kegiatan menarik sepanjang hari. Ada Finding Hiding Mickey dimana tamu diajak bermain untuk mencari gambar Mickey Mouse yang tersebar di seluruh area hotel, dan Explorer’s Poolside Adventure dimana tamu diajak untuk mengenal tanaman yang ada di taman.

Disney Explorers Lodge
Rain Drop Pool di Disney Explorers Lodge
Disney Explorers Lodge
Menikmati taman di Disney Explorers Lodge
Disneyland hotel
Berkeliling taman yang ada di Disney Explorers Lodge Hongkong
Disney Explorers Lodge
Melihat bangunan Disney Explorers Lodge dari kejauhan
Disney Explorers Lodge
Tamu hotel bisa berjalan kaki keluar Disney Explorers Lodge dan melihat laut

Toko Souvenir (merchandise)
Hal yang tidak boleh terlewatkan saat datang ke Disneyland adalah berbelanja pernak pernik dari Disney. Ada boneka, bando, tas, jam tangan, mainan, dan masih banyak lagi. Disney Explorers Lodge memberikan voucher diskon untuk para tamu berbelanja di toko souvenir. Voucher diskon diletakkan di dalam kamar tidur.

Sarapan bersama Mickey dan Minnie Mouse
Saya melakukan reservasi untuk kamar hotel dengan paket sarapan sehingga saya bisa sarapan di restoran Dragon Wind dengan ditemani Mickey dan Minnie Mouse.

Saat tiba di restoran, setiap tamu diberikan voucher yang dapat digunakan berfoto bersama Mickey dan Minnie Mouse. Tentu saja saya tidak melewatkan kesempatan berharga ini.

Menu makanan yang tersedia sangat lengkap, mulai dari makanan bergaya barat (western) seperti pasta, salad, bacon, hingga menu bergaya Asia seperti nasi goreng serta berbagai pilihan menu dessert. Makanan yang hampir diambil oleh semua tamu adalah wafel berbentuk kepala Mickey Mouse yang memang menjadi ikon dari Disney. Wafel Mickey Mouse yang sudah diberi lilin ini jugalah yang menjadi kue ulang tahun pertama saya hari itu.

Disney Explorers Lodge
Menikmati sarapan di restoran Dragon Wind di Disney Explorers Lodge
Dragon Wind Disneyland Hongkong
Aneka yoghurt dan sereal untuk sarapan di Dragon Wind
Dragon Wind Disneyland Hongkong
Ada pilihan berbagai macam daging juga untuk menu sarapan
Disney waffle
Menu favorit yakni wafel berbentuk kepala Mickey
Birthday in Disneyland
Meniup lilin ulang tahun pertama hari ini
Disney Explorers Lodge
Bercanda tawa dengan Mickey dan Minnie Mouse
Meet and greet with Mickey and Minni Mouse
Senang sekali bisa berfoto dengan Mickey dan Minnie Mouse di hari ulang tahun

Sebelumnya, saya pernah mengikuti seminar yang dibawakan oleh Doug Lipp, salah satu pendiri Disney University dan Disneyland di Jepang. Di seminar tersebut Doug Lipp bercerita mengenai bagaimana Walt Disney berimajinasi dan memikirkan setiap detilnya saat menciptakan wahana dan pertunjukan agar dapat  menyenangkan banyak orang. Walt Disney juga selalu memperlakukan pegawainya dengan baik, dengan harapan hal itu pula yang akan dilakukan para pegawai kepada pengunjung Disneyland.

Tidak heran, begitu banyak orang yang sangat ingin pergi ke Disneyland. Secara keseluruhan, saya merasa sangat senang dan puas selama 2 hari berada di Disneyland, baik Disneyland Park maupun Disneyland Explorers Lodge.

 

 

 

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.
1 Response

Leave a Reply