Jalan-jalan ke Pulau Bintan, Trikora Beach dan Lagoi

Apa yang kamu bayangkan saat mendengar Pulau Bintan? Pantai pasir putih? Laut yang sangat biru? Ya, semua itu akan kamu temui di Pulau Bintan. Saya yakin sebagian besar orang Indonesia bahkan tidak mengetahui persis letak Pulau Bintan. Tak perlu malu, karena memang promosi pariwisata Pulau Bintan memang lebih banyak menargetkan wisatawan dari negara tetangga kita, yakni Singapura, ketimbang wisatawan domestik Indonesia, khususnya Jakarta.

Pulau Bintan merupakan bagian dari provinsi Kepulauan Riau. Ibu kota provinsi, yaitu Tanjung Pinang, berada di pulau ini. Untuk mencapai Bintan dari Jakarta sebenarnya ada beberapa cara, namun saya sarankan anda untuk memilih perjalanan dengan waktu tersingkat yakni naik pesawat dari Jakarta menuju Bandara di Tanjung Pinang, Raja Haji Fisabilillah.

Untuk jalan-jalan ke Pulau Bintan, kamu bisa memilih menggunakan penerbangan yang menempuh waktu sekitar 1 jam 40 menit. Ada 3 maskapai penerbangan yang bisa kamu pilih, yakni Lion Air, Sriwijaya Air, dan Garuda Indonesia. Karena perbedaan harga tiket yang tidak terlalu signifikan, saya memilih Garuda. Total harga pesawat (waktu itu) sekitar Rp 1,5jt PP.

Alternatif cara ke Pulau Bintan, kamu bisa memilih rute penerbangan ke Batam terlebih dahulu dan kemudian naik ferry dari Batam ke Tanjung Pinang. Tapi ini cukup membuang waktu dan tenaga.

Pulau Bintan sangat diminati para turis asing khususnya dari Singapura. Apalagi dari Singapura ke Pulau Bintan hanya perlu naik ferry sekitar 40 menit. Selain itu, sejak Desember 2016, telah ada penerbangan langsung dari China ke Tanjung Pinang, yang menjadikan Bintan salah satu tujuan wisata populer bagi wisatawan China.

Tidak heran jika pulau Bintan ini pengunjungnya kebanyakan turis Singapura dan China, sampai-sampai saya dan teman-teman pun sempat beberapa kali dikira turis Singapura karena hampir semua wisatawan berasal dari sana.

pulau Bintan
Tiba di bandara Haji Fisabilillah

Teman-teman pasti berpikir kalau banyak turis asing berarti biaya di Pulau Bintan pasti mahal. Well, bisa benar bisa salah. Di pulau Bintan terdapat 2 daerah yang sangat terkenal, yaki pantai Trikora dan Lagoi.

Keduanya sama bagusnya, masing-masing memiliki keindahan pantai dan atraksi wisata. Yang membedakan adalah pantai Trikora kebanyakan dikelola oleh pengusaha Indonesia dan Lagoi dikelola oleh pengusaha Singapore untuk jangka waktu 80 tahun dan sekarang baru berjalan sekitar 30 tahun.

Di pantai Trikora terdapat beberapa resort yang dapat anda pilih. Terus terang saya tidak memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap resort yang saya pilih di Trikora. Saya memilih menginap di Trikora karena harganya rata-rata lebih murah dibandingkan di Lagoi.

Pilihan saya adalah Bintan Agro Beach Resort & Spa yang saya pesan melalui aplikasi Agoda. Dari foto yang ditampilkan, resort ini terlihat seperti resort lokal dengan bangunan tua yang sudah tidak terlalu bagus, dan juga tidak terlalu besar. Satu lagi alasan saya memilih resort ini adalah karena mereka menawarkan antar jemput ke bandara gratis, berhubung transportasi di pulau Bintan terbilang sulit.

Namun begitu tiba di resort, wahhhhhh… ternyata lobi resort sangat luas dan ramai dipenuhi turis-turis asing. Resort ini memiliki private beach dan fasilitas water sport. Resort juga dilengkapi beberapa buggy car untuk mengantar tamu ke kamarnya.

Mengenai kamar, terdapat beberapa jenis kamar yang tersedia, ada yang berada di bangunan bertingkat yang sama dengan lobi, ada yang berupa vila terpisah menghadap ke laut, dan ada juga yang memang berada di atas laut. Resort ini sangat luas. Kamar yang saya pesan adalah vila yang menghadap ke laut.

Lagi-lagi saya sebelumnya tidak berharap banyak dengan kondisi kamar karena saya pikir ini adalah bangunan tua, tapi saya sangat terkejut dengan kamar yang sangat luas. Tempat tidur yang besar, kursi bed yang empuk, TV LCD, karpet bulu yang sangat nyaman membuat saya merasa sedang ada di rumah. Pokoknya superb!

I will be back again.

Bintan Agro Beach dan Resort
Kamar tidur di Bintan Agro Beach & Resort

Pemilik resort ini sepertinya kolektor mobil mercy, karena terdapat 2 mobil mercy yang dipajang di resort ini. Satu bergambar Hello Kitty dan Satunya lagi klasik. Harga per malam untuk kamar yang saya pesan adalah Rp 850.000 namun mungkin akan tergantung tanggal juga.

pulau Bintan
Koleksi mobil mercy bergambar Hello Kitty di Bintan Agro Beach & Resort

Kegiatan yang bisa kamu lakukan di resort cukup banyak. Yang pasti kamu dapat bermain di pantai. Kebetulan saat saya tiba di sana siang hari itu, air laut sedang surut, sehingga saya bisa berjalan kaki menelusuri pantai cukup jauh hingga ke area pantai Trikora yang lain. Tidak jauh dari situ terdapat pulau kecil yang sebenarnya mungkin milik resort lain, yakni Meteor Island.

Trikora beach
Pemandangan pantai Trikora yang sedang surut
Trikora beach
Menikmati sore hari di pantai Trikora yang bisa diakses dari resort
Trikora beach
Air laut di pantai Trikora yang mulai pasang menjelang sunset
Pantai Trikora
Bebas meng-explore pantai Trikora yang tidak banyak pengunjung
Trikora beach
Menikmati sunset di pantai Trikora

Di pantai Trikora ini juga terdapat banyak batu-batu besar seperti di pulau Belitung jadi sangat bagus untuk berfoto. Selain itu, anda juga dapat bermain watersport yang disediakan resort, bermain sepeda yang juga disewakan oleh resort. Namun saya tidak merekomendasikan kedua aktivitas ini bagi kamu dengan low budget karena biayanya cukup mahal. Untuk sewa sepeda per jam saja harus membayar Rp 70.000, ckckck hehehe..

Di pagi hari kamu bisa menikmati sunrise dengan perahu nelayan yang lalu-lalang di laut. Batu karang dipinggir pantai juga dapat membuat pemandangan pagi itu menjadi lebih indah. Jadi kalau hanya ingin bersantai di resort juga dapat menjadi salah satu pilihan yang bagus.

pulau Bintan
Pemandangan sunrise dari jendela kamar Bintan Agro Beach & Resort

 

White Sands Island

Kamu juga dapat menyeberang ke White Sands Island, sekitar 10 menit dengan boat. Bintan Agro resort juga menyediakan boat dengan harga Rp 350.000/orang. Tapi kalau mau hemat, kamu bisa pergi ke dermaga yang jaraknya sekitar 2 Km dari Bintan Agro. Disini harga naik boat Rp 170.000 per orang sebelum pajak, namun sebaiknya anda menghubungi mas Amrizal terlebih dahulu, karena biasanya akan diberi harga Rp 120.000 per orang sebelum pajak, totalnya Rp 140.000 per orang.

Kontak sewa boat : Amrizal 082277729988.

pulau Bintan
Di dermaga menunggu berangkat ke White Sands island
pulau Bintan
Pemandangan di sekitar dermaga untuk menuju ke White Sands island

Di White Sands Island terdapat beberapa spot untuk berfoto, pastikan kamu tidak melewatkannya sedikitpun. Sesuai namanya, di pulau ini pasirnya berwarna putih, dan jika beruntung anda bisa melihat air jernih dan perahu yang seakan terlihat mengapung. Pulau ini didesain hanya untuk bermain, kamu tidak bisa menginap disini karena tidak ada listrik.

White Sands island
Terdapat spot foto romantis di White Sands island
Jalan-jalan ke Pulau Bintan main ke White Sands island
Sangat leluasa untuk menikmati White Sands island karena tidak terlalu banyak pengunjung
White Sands island
Pengunjung White Sands island yang bermain kano
White Sands island
Ayunan kayu yang dapat dinikmati di White Sands island

Karena jaraknya sangat dekat, kamu bisa berangkat dan pulang kapan saja, tanpa harus menunggu kuota penumpang, jadi tidak membuang waktu.

Untuk makan, di Bintan Agro Beach Resort & Spa memiliki 3 restaurant yang dapat kamu pilih. Selain di resort, terdapat beberapa restoran yang terletak tidak jauh dari resort. Namun sebelum datang kesana saya sudah membayangkan pasti harganya cukup mahal. Untungnya driver yang menjemput saya di bandara sempat info bahwa ada restoran seafood yang tidak jauh dari resort, sekitar 1 km. Saya pun mencobanya di hari pertama saya tiba, kebetulan sehabis pulang dari pantai saya langsung mampir ke restoran ini.

Nama retoran tersebut adalah “Pondok Makan Teluk Bakau Bay View”. Saat saya datang, saya lihat pelayannya sangat banyak sekali, lalu saya berpikir wah ini pasti mahal, tapi kami sudah kepalang masuk. Terdapat pilihan tempat duduk, di pondokan di pinggir laut, lesehan, atau di meja. Saya memilih duduk di meja karena lebih terang. Setelah melihat menu, ternyata harga makanan tidak terlalu mahal tetapi ya tidak tau seberapa besar porsinya.

Karena lapar akhirnya saya memesan 1 ikan asam pedas, 1 kerang rebus, 1 remis, dan 1 kangkung balacan. Biasanya kalau di Jakarta, kerang itu kan porsinya kecil sekali tapi disini super besar hingga membuat saya terkejut. Pelayannya juga ikut terkejut melihat saya yang norak. Saya bilang porsinya besar sekali, dia bilang ini kelihatannya saja besar karena ada kulitnya, tapi isinya tidak banyak, okelah. Ikannya sudah di fillet, jadi 1 porsi sekitar 600 gram.

Terus rasa makanannya gimana ?

hmmmm jangan ditanya, super enak!!!! Gila gila gila enak banget… nggak pernah makan seafood seenak ini bahkan di Bangka sekalipun. Bumbunya itu berasa banget. Rasa ikan asam pedasnya nggak kalah sama spicy grilled fish di Singapura. Bahkan kangkung balacan nya aja enak banget. Statement pelayan yang bilang kerangnya nggak banyak isinya adalah bualan belaka, walau udah lepas dari kulit, tetap aja masih ada banyak di dalam masakan. Tapi nggak nyesel deh pesen semua makanan ini, karena makanannya semua enak. Dan untuk semua makanan itu, kita cuma bayar Rp 194.000, luar biasaaaa.. very recommended, rasanya pengen dibawa pulang. Dan setelah kekenyangan, kita pun pulang jalan kaki ke resort.

Jalan-jalan ke Pulau Bintan menikmati aneka Seafood
Remis yang menggoyang lidah
Seafood di pulau Bintan
Ikan asam pedas
Seafood di pulau Bintan
Kerang dara rebus
Seafood di pulau Bintan
Kangkung balacan

Keesokan harinya kami juga makan di restoran yang sama, tadinya pengen makan kepiting (rajungan) tapi ternyata sudah habis, jadi saya memesan remis lagi (soalnya enak), udang saus pedas, dan dan siput Gonggong. Dan lagi-lagi rasanya enak banget, semuanya. Seandainya restoran ini ada di dekat rumah, mungkin tiap hari akan makan disini.

Tidak jauh berbeda dengan Trikora, di Lagoi juga terdapat beberapa resort, bahkan lebih mewah karena memang dibuat untuk turis Singapura dan turis asing lainnya. Harga per malamnya juga tentu saja lebih mahal. Dari Trikora ke Lagoi, saya menyewa mobil dengan harga Rp 600.000 sudah termasuk driver dan bensin untuk waktu 10-12 jam.

Harga sewa mobil di pulau Bintan ini memang terbilang cukup mahal dan kamu bakal ditanya tujuannya mau kemana, karena memang jarak antara satu tempat dan lainnya bisa sangat jauh.

Kontak sewa mobil : Aan 085264331443

 

Crystal Lagoon Bintan

Perjalanan dari Trikora ke Lagoi kurang lebih memakan waktu 1-2 jam. Pemandangan yang dilewati sebenarnya sangat indah, tetapi kami memutuskan untuk tidak singgah dan langsung menuju Lagoi.

Di Lagoi terdapat Crystal Lagoon, yaitu laguna buatan pertama dan terbesar se-Asia Tenggara. Crystal Lagoon ini berada di dalam area Treasure Bay Bintan. Treasure Bay Bintan bisa dikatakan seperti water theme park. Di dalam Treasure Bay sangat banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan, mulai dari hanya berenang di kolam renang terbesar se-Asia tenggara ini, bersantai di atas permainan air seperti kayak, bumper boat, permainan darat seperti berkeliling dengan scooter electric, bermain segway, mini ATV, bahkan kamu dapat menikmati glamorous camping (Glamping) di The Canopi.

Treasure Bay
Crystal Lagoon yang merupakan laguna buatan terbesar se-Asia Tenggara
Treasure Bay
The Canopi, penginapan di dalam Treasure Bay

Harga tiket masuk ke Treasure Bay adalah Rp 100.000/orang, namun kamu dapat membeli secara online hanya ke agen wisata dengan harga Rp 75.000, sayang saya mengetahuinya setelah saya diperjalanan pulang.

Seperti yang sudah saya singgung di atas, di dalam Treasure Bay terdapat berbagai permainan, dibagi menjadi 2 kategori, permainan darat dan air. Kamu harus membayar untuk setiap jenis permainan sesuai pilihan anda di masing-masing counter. Pembayaran di dalam arena hanya menerima debit/credit card.

Jika kamu ingin membayar dengan cash maka anda dapat menyetorkan deposit di loket masuk, anda akan diberikan gelang yang didalamnya sudah ada chip. Setiap anda membayar permainan di arena, maka deposit anda akan berkurang, dan deposit tersebut dapat dikembalikan jika masih sisa. Karena belum mengetahui seperti apa permainannya, maka saya memutuskan untuk membayar dengan debit/credit card jika memang tertarik.

Disini juga terdapat 1 restoran yang menyediakan berbagai jenis masakan, dan juga terdapat stall makanan yang menjual makanan ringan. Karena melihat banner paket promo makan siang, jadilah saya masuk ke restoran. Begitu melihat menu, wah harga makanannya berkali lipat dibanding restoran yang saya datangi di Trikora. Saya akhirnya memesan paket lunch seharga Rp 50.000 sudah termasuk minum. Untuk rasa makanan, lumayan enak dan mengenyangkan. Yang membuat saya terpana adalah, design interior restoran ini sangat bagus, dan pastinya anda tidak akan melewatkan untuk berfoto disana.

Treasure Bay
Interior restoran di Treasure Bay yang bagus untuk foto-foto
Treasure Bay
Design interior di salah satu restoran di Treasure bay yang menarik untuk difoto

Begitu masuk ke arena, saya dan teman-teman mulai berjalan kaki menyusuri Crystal Lagoon dan tentu saja langsung antusias melihat kolam renang terbesar se-Asia Tenggara ini. Airnya bening dan bersih. Langsung buka sandal dan masuk ke dalam air, wussss dingin seger hehe..

Jalan-jalan ke Pulau Bintan coba nikmati Crystal Lagoon
Menikmati Crystal Lagoon yang menyegarkan
Crystal Lagoon
Bermain air di Crystal Lagoon
Treasure Bay
Crystal Lagoon terlihat seperti pantai karena airnya yang jernih dan pantulan sinar matahari

Sebelum datang kesini, sudah terpikirkan untuk mejeng santai di atas float berbentuk flamingo atau yang lainnya, tapi saat datang ke counter wahana air, ternyata float yang tersedia hanya pizza dan donat, yahh ga jadi dehh..

Pengen main kayak, tapi mahal, hmm ngapain yah.. yaudah deh foto-foto aja di kolam renang epic ini.. tapi setelah berjalan 100 meter, kok kayanya ini kolam renang nggak bisa diputerin dengan cara berjalan kaki yah, gede banget soalnya. Balik lagi deh ke counter wahana darat, dan coba tanya apakah bisa sewa scooter electric, dan ternyata pas banget ada yang selesai.

Sewa scooter per jam Rp 100.000, scotter bisa dinaiki 2 orang sekaligus. Dan saya pun jalan-jalan muterin Lagoon dengan naik scooter, sesekali berhenti kalau melihat spot yang bagus. Rata-rata semua bagus sih hehe..

Treasure Bay
Menyewa scooter electric untuk berkeliling Crystal Lagoon

Saya sempat memasuki area The Canopi, glamping atau glamourous camping yang ada di dalam Treasure Bay. Meskipun biaya menginap per malam The Canopi ini lebih dari Rp 2.000.000, tempat ini selalu fully booked sampai beberapa waktu ke depan. Nggak heran karena tamunya kebanyakan turis mancanegara kelas menengah ke atas, jadi harga segitu biasa saja buat mereka.

Selain menyewa scooter electric, saya juga menyewa Segway. Yeahh… this is my first time. Harga sewa Segway adalah Rp 100.000 per round, yaitu sekali mengelilingi lagoon. Untuk bermain Segway, kita harus menggunakan pelindung kepala, dengkul dan siku, dan juga harus ditemani guide. Sebelum mulai main, guide akan mengajarkan cara mengendarai Segway.

Karena ini yang pertama, awalnya saya masih takut-takut dan cukup pelan, guide harus mengecek beberapa kali ke arah saya. Tapi setelah hampir mengitari setengah kolam renang, saya pun menjadi cukup piawai, bahkan cukup mahir untuk bergerak mundur dan berputar, yeahhh, it was so fun!! I want more… Setelah puas bermain-main disini, kami pun memutuskan untuk pulang.

Segway di Treasure Bay
Pengalaman pertama main Segway di Treasure Bay

Di perjalanan, saya menanyakan kepada driver apakah ada tempat wisata lain yang ada di dekat sini karena saat itu masih sekitar jam 5. Driver pun mengatakan ada danau Lagoi di dekat sini. kami diantar menuju lokasi dimana resort-resort mewah di Lagoi berdiri, sebelum singgah di danau, driver mengantar kami berkeliling hingga melihai pantai Lagoi. Dilihat sekilas dari jauh, air laut sedang surut sehingga banyak orang bermain di pasir, cuma tidak terlihat banyak batu karang seperti di Trikora, tapi saya hanya melihat dari jauh.

Pemandangan danau Lagoi sangat luar biasa indah. Saat ada disini, anda akan merasa rileks. Danau ini berlatar belakang pepohonan lebat. Asiknya tidak terlalu banyak pengunjung yang main kesini, walaupun ada yang sedang melakukan sesi foto pre-wedding. Kami pun menghabiskan waktu di danau Lagoi hingga matahari terbenam dan langit mulai gelap.

Danau Lagoi
Terdapat bebatuan dan pepohonan yang membuat danau Lagoi menjadi sangat nyaman
Danau Lagoi
Bersantai di danau Lagoi
Danau Lagoi
Menikmati sunset di danau Lagoi
Danau Lagoi
Menikmati pemandangan yang asri di danau Lagoi

Untuk membeli oleh-oleh, anda dapat mampir di ruko di kanan-kiri jalan menuju bandara, disitu terdapat beberapa toko. Oleh-oleh khas Bintan kebanyakan hasil laut, seperti kemplang Gongong, kemplang cumi, pajangan siput, abon ikan, juhi dan lain-lain. Atau anda bisa membeli di Bandara namun dengan harga lebih mahal, sekitar Rp5.000 per item.

Jalan-jalan ke Pulau Bintan bisa menjadi salah satu pilihan liburan singkat saat akhir pekan ataupun saat ada Long Weekend karena budget dana yang dibutuhkan tidak terlalu besar namun pemandangan yang didapat sangat luar biasa.

Happy Holiday fabs!

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.
8 Responses
  1. Dinar

    Hi Kak.. Info dong selama di bintan kira kira habis berapa biayanya? Makasih kak. Aku besok mau kesna dan kami low budget traveller hahaha

    1. Sebenernya tergantung spending masing-masing ya. Kalo saya sekitar 3jutaan. Kalo mau cek detil-detil buat apa aja, bisa cek di tulisannya. Thank you.

Leave a Reply