Tips Hemat Saat Traveling

Traveling atau jalan-jalan atau yang juga sering disebut liburan oleh sebagian orang, merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi saya. Saat traveling, saya memiliki kesempatan untuk dapat melihat dunia lain dengan keindahan pemandangan, karakteristik orang, budaya, dan kuliner yang berbeda. Setiap tempat memiliki ciri khas yang memberi kesan dan kenangan indah yang berbeda.

Karena cukup sering melakukan traveling dan mendokumentasikannya dalam tulisan dan foto melalui blog dan Instagram, saya sering mendapat pertanyaan dari teman-teman mengenai transportasi, akomodasi, tempat wisata, dan tentunya nominal budget yang dibutuhkan saat melakukan traveling.

Saya setuju dengan pernyataan bahwa kita harus memiliki uang untuk melakukan traveling. Tapi berapa banyak uang yang harus dimiliki agar seseorang bisa melakukan traveling dengan nyaman? Jawabannya adalah tidak perlu banyak selama kita bisa tahu bagaimana caranya berhemat saat traveling.

Simak tips berhemat saat traveling tapi tetap nyaman.

Transportasi

  1. Mencari informasi dan memilih jenis transportasi yang tersedia dan waktu tempuh untuk destinasi traveling yang akan dikunjungi.
    Baik transportasi untuk menuju tempat tersebut, ataupun transportasi untuk berkeliling dari 1 destinasi wisata ke destinasi wisata lainnya. Sebaiknya kita memilih jenis transportasi yang sesuai dengan kondisi kita.
    Contoh destinasi traveling saya adalah Bali. Pilihan jenis transportasi yang tersedia untuk menuju Bali adalah pesawat terbang, kereta api, dan mobil. Sedangkan pilihan untuk transportasi selama di Bali adalah menyewa mobil dengan atau tanpa supir, taksi online/ offline, dan ojek online/ offline.
    Karena saya memiliki waktu terbatas, maka saya akan memilih pesawat terbang untuk menuju Bali dan selama berada di Bali saya akan menyewa mobil dengan supir agar dapat menghemat waktu mencari jalan dan bisa menikmati pemandangan sekitar.
  2. Mengecek jadwal, harga, dan promo melalui Online Travel Agent (OTA).
    Saat ini kita sangat beruntung karena memiliki kemudahan untuk mencari informasi dan melakukan pembelian jasa transportasi melalui OTA yang semakin hari semakin lengkap. Tidak hanya informasi penerbangan berbagai maskapai, tapi OTA juga sudah menyediakan informasi mengenai kereta api dan rental mobil yang dapat kita pilih sesuai kebutuhan kita. Melalui OTA, kita dapat dengan mudah membandingkan jadwal, harga, dan promo dari masing-masing penyedia jasa transportasi. Tapi, pastikan kita mengakses OTA yang terpercaya seperti Tiket.com, Traveloka, Pegipegi, MisterAladin, dan lainnya.
  3. Mengecek harga di aplikasi atau aplikasi Maskapai/penyedia jasa lainnya.
    Beberapa kali kejadian, saya mendapatkan harga yang lebih murah melalui aplikasi resmi dari maskapai pesawat terbang. Selain itu, maskapai atau perusahaan jasa transportasi lainnya seringkali memberikan promo khusus untuk pembelian melalui aplikasi atau website resminya. Kita bisa membandingkan harga dan membeli yang lebih murah.
  4. Membeli saat Travel Fair atau event promo khusus.
    Tips traveling terakhir dalam pembelian jasa transportasi adalah membeli di Travel Fair. Khusus untuk pembelian tiket pesawat, kita bisa menunggu saat ada offline travel fair. Beberapa maskapai full service seperti Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Cathay Pacific, dan lainnya bekerja sama dengan bank dan travel agent mengadakan offline travel fair dan memberikan penawaran harga spesial dan tambahan promo yang biasanya sangat menarik. Karena sangat menarik, biasanya akan ada banyak orang yang datang untuk antri sehingga kita membutuhkan usaha dan waktu lebih untuk dapat membeli tiket pesawat tersebut.
    Tapi jangan khawatir, kalau kita tidak sanggup untuk ikut mengantri secara fisik, kita juga bisa mengikut event promo khusus dari OTA atau maskapai secara online. Event promo ini biasanya diadakan setiap tanggal bagus seperti tanggal 1 bulan 1, atau tanggal 2 bulan 2 dan seterusnya, atau saat ada momen khusus, seperti menjelang lebaran, natal, atau saat hari kemerdekaan Indonesia.

    Tips traveling dengan pembelian melalui Traveloka
    Traveloka memberikan banyak penawaran menarik

    tips traveling dengan Tiket.com
    Akses Tiket.com untuk cek promonya

Akomodasi ( Penginapan)

  1. Menentukan budget atau uang yang rela kita keluarkan untuk biaya penginapan per malam.
  2. Memilih alternatif penginapan melalui OTA seperti Agoda, Booking.com, Tiket.com, Traveloka, Airbnb, dan lainnya. Melalui aplikasi ini, kita dapat menggunakan fitur filter untuk mencari hotel dengan kriteria yang kita inginkan, seperti harga, lokasi, rating, jenis akomodasi, dan lainnya.
  3. Membuat akun di OTA.
    Kita tidak harus memliki akun untuk melakukan pembelian di OTA. Tapi ada beberapa keuntungan jika kita memiliki akun yakni kita dapat menikmati promo dan kita bisa mengumpulkan poin ataupun cashback yang dapat digunakan untuk pembelian selanjutnya.
  4. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita.
    Ini merupakan salah satu tips penting saat traveling. Bagi saya, seringkali penginapan hanyalah merupakan tempat istirahat, sehingga saat memilih penginapan saya akan mempertimbangkan faktor lokasi, kebersihan, dan keamanan. Tapi pernah juga saya ingin bersantai dan menghabiskan lebih banyak waktu di penginapan sehingga saya memilih hotel yang lebih luas dan memiliki pemandangan yang bagus.

    Tips traveling dengan kode promo di Agoda
    Daftar promo yang sudah pernah saya gunakan di aplikasi Agoda

Tiket atraksi, Paket Wisata, atau Keperluan Lainnya

  1. Membeli tiket atraksi, paket wisata, atau keperluan lainnya melalui OTA karena harganya pasti lebih murah dibandingkan dengan membeli di lokasi dan juga tidak perlu antri. Kita juga perlu membandingkan harga yang ditawarkan masing-masing OTA karena kadang-kadang ada yang menawarkan paket dengan harga yang lebih ekonomis.
  2. Apabila tidak mendesak, kita dapat menunggu event khusus untuk membeli melalui OTA karena akan ada tambahan potongan harga.
  3. Melakukan pencarian untuk tiket atraksi/ paket wisata sejenis.
    Biasanya OTA memberikan beberapa pilihan paket dengan harga yang bervariasi. Misalnya saat saya liburan ke Hokkaido, saya memilih membeli Hokkaido Enjoy Pass yang sudah mencakup 10 atraksi wisata dibanding membeli tiket atraksi secara terpisah.
  4. Membuat akun OTA untuk mendapatkan tambahan diskon atau poin yang dapat digunakan untuk pembelian berikutnya.
    Salah satu OTA favorit saya untuk pembelian tiket atraksi atau paket wisata adalah KLOOK, karena selain mendapat poin saat pembelian, saya juga mendapat poin saat memberikan ulasan setelah menikmati paket atraksi atau paket wisata tersebut. Saya sudah beberapa kali membeli tiket atraksi menggunakan poin, sehingga dapat menghemat pengeluaran untuk traveling.

    Pembelian simcard dengan menggunakan poin melalui aplikasi KLOOK
    Pembelian simcard dengan menggunakan poin melalui aplikasi KLOOK

Selain transportasi, akomodasi, dan tiket atraksi, kita juga bisa berhemat saat traveling dalam hal makanan. Dulu waktu pertama kali ke Jepang tahun 2014, saya cukup berhemat dalam hal makanan. Saya seringkali hanya sarapan onigiri yang dibeli di minimarket dan makan siang di Yoshinoya. Saya juga membeli roti dan cemilan untuk dibawa, sehingga jika saya merasa lapar, saya dapat mengkonsumsinya sambil menunggu waktu makan, jadi tidak banyak jajan, hehe.

Semua tips berhemat saat traveling sudah saya bagikan, waktunya untuk kamu merencanakan liburanmu.

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

Leave a Reply