Jalan-jalan ke Taiwan (Tanpa Tour) Part 6 : Taichung City Tour – Carton King, Caihongjuan Village, and Fengjia Night market

​Taichung merupakan kota terbesar kedua di Taiwan. Untuk dapat sampai ke Taichung, anda dapat langsung naik pesawat kesini atau menggunakan transportasi darat dari Taipei.
Saya menggunakan kereta THSR dari Taipei ke Taichung. Tiket saya beli secara online karena mendapatkan diskon 20% sehingga harga tiket kereta reserved seat menjadi NT560 per orang. Waktu tempuh dari Taipei ke Taichung menggunakan THSR adalah 50 menit.
Stasiun THSR Taichung letaknya agak jauh dari kota. Saya naik bus nomor 82 dari stasiun THSR Taichung menuju pusat kota. Transportasi umum di dalam kota Taichung adalah Bus. Saya menggunakan Easy Card untuk membayar biaya bus. Saat naik ke dalam bus saya menempelkan Easy Card, dan mengecek sisa saldo dalam Easy Card tersebut, dan begitu turun saya juga menempelkan Easy Card kembali dan saya bingung kenapa saldo Easy card saya tidak terpotong. Hal yang sama terjadi pada adik saya. Artinya saya naik bus dengan gratis.
Awalnya saya pikir ada yang salah dengan Easy Card saya, namun setelah 2 hari berjalan-jalan di dalam kota Taichung menggunakan bus, saya sadar bahwa naik bus dengan menggunakan Easy Card adalah gratis. Saya hanya pernah 1x PP membayar karena tempat tujuan saya sangat jauh dan pemberhentian terakhir, itupun saldo saya hanya terpotong NT5, atau sama dengan Rp 2000.
Penemuan ini membuat saya sangat happy dan tidak segan-segan untuk naik dan turun dari Bus di tempat yang menurut saya bagus, hehe..
Picture

Taiwan High Speed Railway Train

Picture

inside the train, saying cepetnya below beres norak foot judah nyampe aja..

Picture

Taichung THSR Station

Picture

Taichung THSR Station

Picture

Bus no 82 yang mengantarkan saya dari Taichung THSR Station ke Taichung TRA Station (dekat dengan hotel)

Picture

kondisi bus no 82

​Saya turun dari bus nomor 82 di stasiun TRA Taichung. Dari situ saya berjalan kaki sekitar 300-400 meter menuju VIP Hotel tempat saya menginap. Hotelnya terlihat tua namun kamarnya cukup bagus dan bersih. Resepsionis yang membantu saya check in lebih awal pun sangat fasih berbahasa inggris. VIP Hotel terletak dekat dengan Gancheng Bus Station, sehingga jika ingin naik Bus saya hanya perlu berjalan sekitar 5-10 meter.
 
Saya memberitahukan tujuan wisata saya hari ini kepada resepsionis dan meminta dia untuk mengecek transportasi apa yang bisa saya naiki. Resepsionis sangat ramah dan membantu mencari tau nomor bus yang bisa saya gunakan.
 
Tips bagi Anda yang tidak fasih berbahasa mandarin (Chinese), anda sebaiknya meminta Resepsionis untuk menuliskan tujuan wisata Anda dalam bahasa mandari di kertas, serta menuliskan nomor bus dan transportasi lain yang bisa digunakan sebagai alternatif.
Picture

Kamar hotel di VIP Hotel

Picture

Kamar mandi hotel

Saat berada di Taichung, saya mengunjungi beberapa destinasi wisata di dalam kota yang bisa dijangkau menggunakan Bus umum.

Carton King (Everything made by Carton)

Disini semuanya terbuat dari Karton, mulai dari yang ukuran kecil hingga ukurannya besar. Ada binatang dan ada juga landmark yang terkenal di dunia, semuanya dari karton.
Bagi saya yang orang Indonesia, tempat ini sangat menarik karena saya melihat ide dan kreatifitas disini. Saya juga sempat melihat ruang workshop dimana karton tersebut dibuat.
 
How to get there :
Naik bus 270 dari Gancheng Station, akan langsung turun di depan Carton King.
Biaya bus gratis, namun anda tetap harus menempelkan Easy Card.
 
Harga tiket masuk ke Carton King adalah NT200, sudah termasuk voucher senilai NT100 untuk belanja di area Carton King, bisa souvenir atau makanan minuman.
Saya menggunakannya untuk membeli souvenir seharga NT120, sehingga saya tinggal menambah NT20.


Caihongjuan Village (Rainbow village)

​Caihongjuan Village atau Rainbow village adalah salah satu desa Veteran(senior) di Taichung. Desa ini sudah mulai digusur sedikit demi sedikit. Salah satu warga terakhir yang tersisa adalah Paman Cai Hong.
Paman Cai Hong mulai melukis sekeliling dinding rumah dan sekitarnya yang sudah dalam kondisi tidak baik. Ia melukis boneka, hewan, pesawat terbang, kartun, dan lain-lain dengan warna-warna cerah
 
Hingga saat ini Paman Cai Hong masih tinggal dirumah ini, jadi mohon anda menjaga kebersihan selama berkeliling.
Untuk masuk ke area ini tidak dipungut biaya. Anda dapat memberikan donasi kepada Paman Cai Hong atau membeli souvenir yang dijual oleh cucu Paman Cai Hong. Harga souvenir pun tidak terlalu mahal. Saya ikut membeli sendal yang lucu sekali.
 
Area ini tidak terlalu besar, mungkin anda hanya perlu menghabiskan waktu 20-30 menit untuk menyusuri semua area.
 
How to get there :
Naik bus no 56 dari Gancheng Station dan turun di Nan tun Tong An Cuo dan berjalan kaki sekitar 270 meter.

Picture

Memasuki area Caihongjuan Village

Picture

Paman Cai Hong


FengJia night market
 
Night market again, again, and again, hehe.. Fengjia night market merupakan pasar malam terbesar di Taichung. Tempat ini sangat ramai dikunjungi orang baik di hari biasa maupun weekend.
 
How to get there :
Naik bus nomor 25 atau 35 dari Gancheng Station dan turun langsung di Fengjia night market.
Bus umum yang ada di Taichung dalam kondisi sangat baik. Terdapat informasi halte berikutnya di bagian depan bus. Namun jika anda tidak fasih berbahasa mandarin sebaiknya anda menginformasikan supirnya kalau anda ingin berhenti di fengjia night market.
 
Seperti night market lainnya, disini banyak sekali yang menjual makanan, baju-baju, kaos kaki, mainan, dan masih banyak lagi. Untuk kisarana harga rasanya standar sama dengan night market lainnya.
 

Picture

Dorayaki was so good

Saya sengaja tidak mengunjungi terlalu banyak destinasi di dalam kota Taichung karena akan ada perjalanan keesokan hari yang pasti melelahkan.
Saya akan pergi ke Cingjing Farm, padang rumput yang luas yang dipenuhi oleh domba-domba seperti pemandangan di Inggris.
Penasaran seperti apa Cingjing Farm?? ikuti artikel saya selanjutnya..

if there any question, you can send email to me :linawaty.halianto@yahoo.com

​Lynn

About the author

I am a Travel Blogger.

Related Posts

0 Response
  1. Visa

    Hai Lynn, boleh tanya..utk ke cartoon king dan caijonghuan village berapa lama waktu yang harus disediakan? setengah hari cukup tidak

Leave a Reply