Jalan-jalan ke Taiwan (Tanpa Tour) Part 2 : Taipei – Chiang Kai Sek Memorial Hall, Ximending, Longshan Temple, Guandu Temple, dan Ferris wheel Miramar.

It is not how much we have, but how much we enjoy, that makes happiness – Charles Spurgeon.
 
Taipei, ibukota Taiwan, merupakan kota metropolis modern yang sebagian besar kotanya terdiri dari bangunan kontemporer. Terlihat banyak pertokoan dan restoran di sepanjang jalannya. Taipei dikenal memiliki pemandangan alam yang bagus, bangunan bersejarah, banyak jajanan jalanan, dan berbagai pasar malam.
 
Untuk memudahkan anda bepergian di dalam Taiwan, anda sebaiknya membeli EasyCard. EasyCard merupakan kartu yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran termasuk MRT, bus, convenience store, Maokong Gondola, dan masih banyak lagi. Pembelian dan pengisian ulang EasyCard dapat dilakukan di mesin-mesin di stasiun MRT (seperti ATM) atau di convenience store.
 
Penggunaan MRT di sini sama saja dengan MRT di negara lain seperti Singapore, Thailand, Hongkong, dan lainnya. MRT terdiri dari beberapa jenis jalur (warna). Jika warna jalur di mana anda berada berbeda dengan tujuan anda, anda harus mencari tempat transit terlebih dahulu.
Picture

EasyCard on hand

Picture

Taiwan’s MRT Map

​Chiang Kai Sek Memorial Hall
 
Chiang Kai Sek Memorial Hall merupakan monumen nasional Taiwan, yang dibangun untuk mengenang Presiden Chiang Kai Sek. Monumen ini resmi dibuka tanggal 5 April 1980, bertepatan dengan peringatan 5 tahun presiden meninggal.
 
How to get there:
Naik MRT dengan jalur berwarna merah atau hijau hingga Stasiun Chiang Kai Sek Memorial Hall dan kemudian keluar melalui Exit 4, lalu berjalan kaki sekitar 450 meter.
 
Sepertinya Presiden Chiang Kai Sek sangat terkenal dan berpengaruh pada masanya. Hal ini terlihat dari adanya patung Chiang Kai Sek di berbagai tempat wisata, bahkan yang di luar kota Taipei, misalnya di Wuling Farm. Jadi jika anda tidak sempat datang ke Chiang Kai Sek Memorial Hall yang besar, anda masih memiliki sangat banyak kesempatan untuk dapat berfoto di depan patung Chiang Kai Sek lainnya di berbagai tempat wisata.

​Ximending
 
Ximending merupakan salah satu landmark kota Taipei yang tentu saja tidak boleh anda lewatkan jika datang ke Taiwan. Ximending selalu dipadati oleh para turis, baik di siang hari maupun di malam hari.
 
Di area ini terdapat salah satu bangunan bergaya barat yang dibangun dengan bata merah yang dikenal dengan Red House. Selain itu area ini dipenuhi oleh pertokoan, restoran, hotel, dan sederetan jajanan jalanan.
 
Ximen night market merupakan salah satu pasar malam terbesar dan teramai di Taipei. Setiap malam dipenuhi oleh pengunjung dan seniman jalanan.
 
How to get there:
Naik MRT dengan jalur berwarna biru atau hijau hingga Stasiun Ximen dan kemudian keluar melalui Exit 6.
 
Terdapat beberapa restoran atau kios makanan yang selalu ramai pengunjung, antara lain Hot star, oyster omelet, kentang mayonaise, baked oyster, smelly toufu.
Picture

Ximena Night Market

Picture

Red House

​Longshan Temple
 
Temple paling bagus dan yang paling saya sukai hingga saat ini, terletak di tengah kota Taipei sehingga mudah dijangkau oleh warga. Banyak sekali pengunjung yang datang ke temple ini, baik yang datang untuk berdoa maupun hanya untuk melihat dan mengabadikan bangunan ini.
 
Kuil ini menyediakan peralatan sembahyang bagi pengunjung, namun karena memang sangat ramai jadi harus mengantri. Kuil ini juga menjual souvenir yang sebagian besar dibuat dengan tangan, sehingga sangat unik dan tidak sama persis satu sama lain.
 
Saya akan rajin sekali ke kuil ini kalau saya tinggal di Taipei. Rasanya sangat nyaman berada disini.
 
How to get there:
Naik MRT dengan jalur berwarna biru ke stasiun Longshan Temple dan kemudian keluar melalui Exit 1 lalu berjalan kaki sekitar 220 meter.
​Guandu Temple
 
Terletak dipinggiran kota Taipei, Guandu Temple tidak sepadat Longshan Temple. Saat tiba saya memutuskan untuk berdoa menggunakan hio.  Dengan keterbatasan bahasa saya coba menanyakan urutan berdoa kepada Dewa-Dewi yang ada dan seorang pria yang sedang berjaga di tempat hio. Pria itu berusaha menjelaskan hingga saya paham lalu kami berdua tertawa kecil.
 
Saya pun mulai membakar hio dan berdoa hingga akhirnya saya harus membakar kertas sembahyang. Kembali timbul pertanyaan, apakah ada urutan kertas yang harus saya bakar. Bersyukur saya kembali dibantu oleh pengunjung yang juga sedang berdoa disana, dibantu hingga saya selesai membakar.
 
Di sini juga terdapat altar Buddha namun tidak terlalu besar. Terdapat lorong yang berisi patung Dewa – Dewi di kanan kirinya saat berjalan menuju altar Buddha. Dari bagian belakang Guandu Temple, kita bisa melihat pemandangan gunung yang indah.
 
How to get there:
Naik Bus nomor 302 tujuan Guandu Temple lalu berjalan sekitar 200 meter dari pemberhentian bus,
Atau
Naik MRT dengan jalur merah ke stasiun Guandu lalu berjalan kaki sekitar 1 km.
Picture

Lorong menuju altar Buddha, terdapat Patung Dewa Dewi di kanan dan kiri

Picture

Altar Buddha

Picture

Pemandangan dari halaman belakang Guandu Temple

​Ferris Wheel Miramar
 
Penasaran pengen lihat kota Taipei dari ketinggian, sekaligus ber-narsis ria di crystal cabin, saya memutuskan mengunjungi Miramar entertainment Park. Sebenarnya Miramar ini merupakan Mall yang di lantai 5 nya terdapat bagian yang terbuka dan terdapat Ferris Wheel dan mini Merry go round.
Kedua atraksi ini dapat dinikmati di siang dan malam hari. Supaya mendapatkan suasana yang lebih keren dan romantis, saya memilih datang saat malam hari.
 
Harga tiket untuk Ferris wheel adalah NTD150 untuk hari biasa dan NTD200 untuk akhir pekan. Terdapat 2 jenis cabin yakni yang biasa dan crystal. Perbedaannya hanya di lantai cabin, kalau crystal lantainya transparan sehingga dapat melihat pemandangan dibawah juga. Tidak ada perbedaan harga untuk kedua jenis cabin ini.
 
How to get there :
Naik MRT dengan jalur berwarna coklat ke stasiun Jiannan Rd dan kemudian keluar ke arah Miramar Entertainment Park dan jalan kaki sekitar 300 meter.
 
Salah satu atraksi yang menarik dengan harga tiket masuk yang tidak terlalu mahal, harus coba!! Setelah naik Ferris wheel boleh sekalian naik mini Merry go round atau jalan-jalan menikmati Mall Taipei, hehe..
Picture

Miramar Entertainment Park

Picture

The ferris wheel

Picture

Inside the crystal cabin

Picture

Taipei from the Top

​Kota di Taiwan nggak hanya Taipei loh, masih ada Taichung, Nantou city, dan lainnya, bahkan yang di pinggiran Taipei juga punya banyak tempat wisata yang menarik.
 
Tentu saja saya akan share semua pengalaman liburan ke Taiwan ini melalui blog saya, semoga bermanfaat dan selamat menikmati.
 
 
Enjoy Taiwan.
 
Lynn
About the author

I am a Travel Blogger.

Related Posts

0 Response
  1. Yi

    Hello Sis Lynn, bs bantu gak sy cuma 5hri 4malam di Taiwan, menurut sis hati ke brp bagusnya sy ke Wuling Farm ?
    Saya rencana day 1 di taipei
    Day 2 di taichung
    Day 3 wuling farm
    Day 4 taipei
    Menurut sis cocok gak?
    Sama sy msi bingung tentang Wuling Farm, cara perginya gimana ya? Kami 5orang bisa 1taxi?

Leave a Reply