Keliling Tempat Wisata di Padang untuk Hunting Foto

Tujuan utama datang ke kota Padang adalah untuk hunting foto di kota Padang, Bukittinggi dan sekitarnya.

Saya berangkat dari Jakarta menuju Padang menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau.

Harga tiket pesawat ke Padang untuk pulang pergi adalah Rp 1.672.000, harga yang cukup murah karena mengingat tanggal perjalanan saya adalah pada saat ada libur long weekend. Untuk perjalanan selama berada di kota Padang dan Bukittinggi, saya menyewa mobil Innova dengan rate Rp 750.000 per hari sudah termasuk sewa mobil, supir, dan bensin.

Pengalaman seru saya selama liburan di Padang dan Bukittinggi adalah masih banyak pemandangan hijau yang menyejukkan mata terutama di Bukittinggi. Disarankan bagi orang perkotaan seperti Jakarta yang penat dengan ibukota.

Tempat wisata di Padang yang bisa kamu dijumpai cukup lengkap, mulai dari sawah, pegunungan, pantai, hingga kegiatan sehari-hari warga yang menarik untuk difoto seperti proses penggorengan kacang kulit dengan menggunakan pasir dan proses memeras air tebu dengan menggunakan alat penggiling yang digerakan oleh Lembu.

Baca juga: Liburan Sambil Wisata Kuliner di Padang

Keliling tempat wisata di Padang

Nah, disini saya mau berbagi cerita perjalanan saya selama keliling tempat wisata di Padang sambil hunting foto bareng rekan-rekan fotografer.

Pacu Jawi

Setelah selesai sarapan di warung Soto Padang Angkasa, kami semua bersiap menuju Tanah Datar untuk sesi hunting Pacu Jawi yang memang sudah dipersiapkan untuk kami.

Pacu Jawi adalah olahraga tradisional remaja yang tinggal di Tanah Datar. Para pemuda setempat berlomba untuk menunggangi kerbau. Mereka memanfaatkan momen dimana sawah sudah selesai dipanen dan belum ditanami lagi.

Terdapat acara Pacu Jawi resmi yang diadakan melalui rapat kepala desa. Diluar tanggal-tanggal tersebut, kita juga dapat meminta event organizer untuk mengadakan event ini untuk sesi pemotretan.

Untuk Pacu Jawi kami kali ini juga diatur oleh EO. Harga pengadaan Pacu Jawi untuk 10 orang fotografer adalah Rp 5 juta dengan durasi acara sekitar 3,5 jam. Acara biasanya dilaksanakan jam 1 siang sampai dengan jam 3.30 sore.

Karena diadakan khusus untuk sesi foto, maka penonton acara ini tidak banyak sehingga lebih leluasa untuk memilih spot foto. EO juga menyediakan kursi kecil untuk duduk dan panggung tempat berdiri untuk foto dari atas. Kontak EO: Tommy 082169966292

Ada beberapa tips saat foto Pacu Jawi:

1. Sebaiknya menggunakan baju lengan panjang karena cuaca di arena sangat panas.
  2. Jika ingin memfoto dari dekat, akan ada resiko baju terpercik lumpur, sehingga lebih baik menggunakan baju yang sudah tidak ingin dipakai lagi.
  3. Lensa yang dipakai adalah lensa Tele dengan range 70-200mm
  4. Menggunakan kamera DSLR dengan continous mode
  5. Menggunakan memory card dengan kecepatan mencatat cepat agar tidak banyak lag saat kita menggunakan continuous mode
  6. Cobalah beberapa sudut pengambilan agar dapat menemukan best spot anda sendiri
Persiapan atraksi Pacu Jawi
Pacu Jawi
Pengemudi kerbau berusaha untuk menggigit ekor kerbau agar berlari lebih kencang
Pacu Jawi biasanya digelar setelah musim panen oleh warga
Atraksi Pacu Jawi
Atraksi Pacu Jawi yang merupakan salah satu tradisi warga Padang
Asialens
Rombongan AsiaLens berfoto bersama setelah menyaksikan pertunjukkan Pacu Jawi

Jam Gadang

Kota Bukittinggi merupakan kota yang tidak terlalu luas, sehingga pusat kota dapat dilalui dengan jalan kaki. Kami pun berjalan kaki dari hotel menuju landmark kota Bukittinggi, yakni Jam Gadang.

Walaupun sudah malam hari, area di sekitar Jam Gadang masih sangat ramai dikunjungi orang-orang. Rupanya memang area ini merupakan pusat kota dan juga tempat tongkrongan orang Bukittinggi. Pengunjung bervariasi, mulai dari remaja, orang tua, hingga anak-anak. Di sini juga ada yang menyediakan jasa foto langsung jadi dengan latar belakang Jam Gadang.

Kami pun menghabiskan waktu untuk bernarsis dan bereksperimen di sini sebelum kembali ke hotel untuk beristirahat.

Jam Gadang Bukittinggi
Mengunjungi jam Gadang dengan latar belakang bulan Purnama
Mengunjungi salah satu landmark kota Bukittingi, Jam Gadang

Sunrise di Puncak Lawang

Pagi di hari kedua, kami bangun subuh untuk hunting Sunrise ke Puncak Lawang. Namun karena kelelahan di hari sebelumnya, sebagian peserta tidak ikut dan melanjutkan tidur. Perjalanan menuju Puncak Lawang memakan waktu sekitar 1 jam dan melewati jalanan yang terkenal dengan sebutan Kelok 44, karena ada jalanan berliku-liku sebanyak 44 belokan.

Kami sempat berhenti sejenak di tengah perjalanan, yakni di Kampung Sungai Landai. Berfoto sebentar sebelum melanjutkan perjalanan kembali. Kami kemudian akhirnya berhenti di seberang Puncak Lawang karena menurut supir, pemandangannya lebih bagus.

Di sini kami bisa mengambil 2 jenis pemandangan. Pemandangan matahari terbit dengan foreground hutan, dan pemandangan Danau Maninjau dari atas (birdlevel). Karena berhenti di pinggir jalan jadi kami tidak perlu membayar biaya retribusi.

Setelah puas, kami kemudian diantar oleh supir ke Lawang Park. Untuk masuk ke sini, pengunjung dipungut bayaran Rp 10rb per orang. Di sini terdapat villa yang dapat digunakan untuk menginap, harganya juga tidak terlalu mahal, menurut supir kami.

Dari sini pemandangan yang dapat kami lihat adalah Danau Maninjau dari ketinggian, mirip dengan lokasi foto sebelumnya namun berbeda sudut saja. Area ini memang dirawat dan dibuat untuk tujuan wisata sehingga tempatnya sangat bersih dan bagus. Anda dapat memesan kopi untuk menemani anda menikmati pemandangan yang indah ini.

puncak Lawang
Pemandangan Puncak Lawang di pagi hari sangat menentramkan
Pemandangan sunrise di Puncak Lawang

Danau Maninjau
Akhirnya saya mengunjungi danau Maninjau yang selama ini hanya dilihat di buku pelajaran
Sudut lain untuk menikmati pemandangan danau Maninjau
Terdapat sawah warga yang terletak di sekitar lembah Harau
Danau Maninjau
Tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto dengan danau Maninjau sebagai latar
Danau maninjau
Pemandangan Danau Maninjau dari ketinggian. Lokasi berhenti dipinggir jalan, di seberang Puncak Lawang.
Danau Maninjau
Menikmati pemandangan danau Maninjau di pagi hari yang indah
Lawang Park
Lawang Park merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan danau Maninjau

Melihat penggilingan tebu tradisional di Desa Lawang

Setelah matahari semakin terik, kami pun meninggalkan tempat tersebut. Di perjalanan pulang, tidak jauh dari puncak lawang, kami melewati desa Lawang, yang sebenarnya juga kami lewati saat datang.

Kami diajak singgah dan melihat alat penggiling tebu konvensional. Tebu dimasukan ke dalam lubang, lalu ada hewan Lembu yang matanya ditutup berjalan memutar sehingga membuat batang tebu tersebut tergiling dan bisa diambil airnya. Alat tersebut saat ini sudah tidak digunakan untuk produksi massal lagi, hanya untuk sesi foto.

Disitu juga kami melihat masyarakat setempat menggoreng kacang tanah menggunakan pasir dan di atas tungku api dari kayu. Kacangnya enak, tidak berminyak. Saya sempat mencoba kacang yang setengah matang juga.

Sebagai gantinya kami diperbolehkan untuk memotret, kami membeli jualan mereka. Kami membeli kacang dan gula aren. Gula aren ini dibuat dari tebu. Saya akui orang sumatera barat sangat pintar dan kreatif dalam menghasilkan uang.

Desa ini sejak dahulu kala merupakan penghasil tebu, karena saat jaman penjajahan Belanda terdapat pabrik gula pasir, sehingga masyarakat menanam tebu untuk jadi pemasok. Namun tiba-tiba pabrik ini tutup dan warga sudah terlanjur menanam tebu dalam jumlah banyak, akhirnya mereka berkreasi menggunakan tebu yang ada, salah satunya menjadi gula merah, this is amazing.

desa Lawang
Kerbau ditutup matanya dan diminta untuk terus berjalan untuk menggiling tebu
Kacang tidak digoreng dengan minyak, melainkan dengan pasir

Ngarai Sianok

Salah tempat wisata di Bukittinggi yang terkenal adalah Ngarai Sianok atau sering juga disebut sebagai Great Wall Bukittinggi.

Ngarai Sianok adalah sebuah lembah curam (jurang) yang terletak di perbatasan kota Bukittinggi. Lembah ini memanjang dan berkelok sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang sampai ke nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Palupuh.

Ngarai Sianok yang dalam jurangnya sekitar 100 m ini, membentang sepanjang 15 km dengan lebar sekitar 200 m, dan merupakan bagian dari patahan yang memisahkan pulau Sumatera menjadi dua bagian memanjang (patahan Semangko). Patahan ini membentuk dinding yang curam, bahkan tegak lurus dan membentuk lembah yang hijau—hasil dari gerakan turun kulit bumi (sinklinal)—yang dialiri Batang Sianok (batang berarti sungai, dalam bahasa Minangkabau ) yang airnya jernih.

Di zaman kolonial Belanda, jurang ini disebut juga sebagai karbouwengat atau kerbau sanget, karena banyaknya kerbau liar yang hidup bebas di dasar ngarai ini.

Tidak jauh dari Ngarai Sianok terdapat Terdapat objek wisata yang tidak kalah terkenal yaitu Lembah Takuruang. Kamu bisa parkir di Taruko Caferesto, dan kemudian masuk ke area café dan menikmati pemandangan lembah Takuruang. Batu besar sebagai fokus dan air sungai yang jernih sebagai foreground.
Café ini dulunya dibangun oleh investor dari luar negeri, namun setelah habis masa sewa tanah, café ini kemudian diambil alih oleh pemilik tanah.

Ngarai Sianok
Melihat Ngarai Sianok lebih dekat di Bukittinggi
Terdapat aliran sungai di sekitar Ngarai Sianok
Lembah Takuruang
Menikmati ademmnya pemandangan di lembah Takuruang
lembah Takuruang
Terdapat rumah berbentuk rumah Gadang yang juga bisa digunakan untuk tempat berteduh dan bersantai di lembah Takuruang
Bermain air sungai yang berapa di lembah Takuruang
cafe Taruko
Suasana cafe Taruko di sekitar lembah Takuruang yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat
Kondisi kasir cafe Taruko yang ramai dipadati pengunjung

Lembah Harau

Selesai mengisi perut dengan Nasi Kapao, kami melanjutkan perjalanan ke Payakumbuh. Perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam. Karena memang Sumatera Barat terkenal dengan alamnya, di Payakumbuh pun objek yang kami kunjungi adalah lembah bernama Lembah Harau.

Jika memiliki banyak waktu kamu bisa menjelajah tempat ini lebih dalam. Saya hanya berhenti di 2 titik saja, yakni Lembah Echo dan Wisata Harau.

Di Lembah Echo, kami memarkir mobil di pinggir jalan, sedangkan Wisata Harau memang merupakan tempat yang dikelola untuk tujuan turis. Di Wisata Harau terdapat banyak atraksi, rumah gadang, masjid, jajanan makanan dan minuman.

Karena mengejar waktu ke lokasi berikutnya, kami pun tidak berlama-lama disini. Kami segera menuju daerah bernama Lubuk Bangku untuk memotret objek yang rasanya sudah terkenal hingga ke luar negeri yaitu Kelok 9.

lembah Harau
Memandangi kemegahan Lembah Harau
Lembah Harau yang terdiri dari tebing bukit yang menjulang tinggi
Keindahan refleksi lembah Harau di sungai
lembah Harau
Rumah Gadang Bukittinggi
Mengunjungi rumah Gadang di Wisata Harau Bukittinggi

Kelok 9 Lubuk Bangku

Lokasi Kelok 9 yang kami kunjungi merupakan lokasi yang baru dibuat, sebenarnya terdapat Kelok 9 yang orisinil, namun karena lebih mudah untuk memotret disini, maka kami pun kesini.

Tujuan foto kami adalah slow speed, jadi kami menunggu langit sedikit gelap sehingga kami dapat membuat garis-garis dari lampu mobil yang lalu lalang.

Tips untuk foto Kelok 9:

1. Bawalah tripod
  2. Gunakan lensa wide
  3. Set kamera TV mode dengan lama waktu 5-10 detik
  4. Cari spot foto yang nyaman dan membuat Anda leluasa

Seperti kebanyakan fotografer lainnya, jika mendapat objek yang menarik pasti lupa waktu dan enggan untuk beranjak. Hal sama yang terjadi pada beberapa teman kami, hingga akhirnya langit sudah berubah menjadi sangat gelap dan kami pun akhirnya beranjak pergi dari tempat tersebut.

Kami langsung melanjutkan perjalanan kembali ke Kota Padang. Waktu tempuh yang dilalui sekitar 4,5 jam.

kelok 9 Bukittinggi
Menunggu matahari terbenam di kelok 9 Bukittinggi
Kelok 9 Bukittinggi
Night photography di kelok 9 Bukittinggi yang terkenal
Pemandangan di kelok 9 Bukittinggi saat malam hari

Wisata Pulau di Padang

Kami juga tak mau kelewatan untuk island hopping mengunjungi pulau-pulau di Padang. Tiga pulau yang sempat kami kunjungi adalah Pulau Pagang, Pulau Pamutusan, dan Pulau Pasumpahan. Saya menulis cerita perjalanan kami wisata pulau di Padang pada postingan berbeda. Silahkan dicek.