Invisee, Cara Baru untuk Berinvestasi (Menyiapkan Dana untuk Jalan-Jalan)

​Beberapa tahun belakangan ini, saya memiliki hobi jalan-jalan mengunjungi tempat wisata yang cantik, baik yang ada di dalam negeri dan luar negeri. Dengan jalan-jalan, saya bisa melihat pemandangan yang indah, bangunan bersejarah, mengenal orang dengan budaya yang berbeda, dan mencicipi berbagai jenis makanan.

Banyak orang bilang kalau liburan itu tidak harus selalu mahal. Saya sangat setuju dengan hal ini. Tapi, tidak mahal bukan berarti kita tidak membutuhkan dana sama sekali. Kita tetap harus menyediakan uang untuk membiayai akomodasi, transportasi, makan, dan belanja saat sedang jalan-jalan.

Saya biasanya membuat rencana untuk jalan-jalan di awal tahun dan kemudian menyiapkan dana untuk perjalanan tersebut. Namun pada kenyataannya, sering sekali ada jalan-jalan dadakan yang membuat dana yang saya siapkan tidak cukup. Saya harus memutar akal bagaimana cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan.

Pilihan pertama saya tentu saja deposito bank. Alasannya karena mudah dan aman, walaupun suku bunganya relatif kecil dibandingkan investasi lain.
Tapi kemudian saya mengalami kendala, dengan adanya saldo minimum untuk deposito yang jumlahnya lumayan besar, sedangkan isi rekening tabungan saya semakin menipis.

Selain deposito, ada berbagai jenis investasi di Indonesia, seperti saham, reksa dana, obligasi, dan lain-lain, yang tentu saja memberikan return yang lebih tinggi. Namun informasi yang minim dan juga kesulitan dalam transaksi untuk produk investasi tersebut, membuatnya menjadi kurang diminati oleh masyarakat Indonesia.

Pernah sekali saya mencoba investasi di reksa dana beberapa tahun yang lalu dengan bantuan seorang teman sebagai manajer investasi, tapi sudah saya cairkan saat teman tersebut akan keluar dari perusahaan investasi. Saya khawatir akan sulit untuk pencairan nantinya jika tidak ada teman yang membantu. Terus terang, saya juga merasa was-was karena sulit untuk memantau investasi saya tersebut.  Sejak saat itu, saya tidak pernah menyentuh investasi reksa dana lagi.

Seolah menjawab semua kekhawatiran saya mengenai investasi reksa dana, PT. Nusantara Sejahtera Investama (NSI) meluncurkan Aplikasi INVISEE pada tanggal 10 Oktober 2018 yang lalu.

Aplikasi Invisee merupakan layanan digital yang memberikan kemudahan dalam melakukan investasi reksa dana secara online yang dapat di-download di Playstore dan Appstore.

Picture

Layar Invisee pada Iphone
​Saya pribadi merasa senang dan bangga dapat turut serta berpartisipasi dalam acara Grand launching Invisee yang diadakan di Kafe Queens Head, Kemang.
Dalam acara yang sangat meriah ini, terdapat beberapa booth manajer investasi yang saat ini sudah bekerja sama dengan Invisee untuk memberikan penjelasan mengenai investasi reksa dana, seperti Insight Investment Management, Eastspring Investment. Juga booth tur dan travel, booth foto untuk seru-seruan, dan tentu saja ada booth Invisee sendiri di mana kita bisa bermain game dan mendapatkan hadiah berupa saldo Viseepay kalau bisa menjawab pertanyaan. Saya berhasil mendapatkan saldo Viseepay Rp50.000 di sini.

Picture

I win the game
Ada juga Instagram Challenge, di mana kita harus posting keseruan kita selama acara Grand Launching Invisee melalui Instagram post dan Instagram story dengan caption #InviseeGrandLaunching dan #DemiNanti. Senangnya lagi, postingan saya di Instagram post menjadi 1 dari 5 pemenang Instagram Challenge tersebut, sehingga saya mendapatkan saldo Viseepay sebesar Rp 500.000. Langsung dikasih modal oleh Invisee untuk ber-investasi.

Picture

Para pemenang Instagram challenge

Picture

Me with my Viseepay
Di malam itu, Invisee juga bagi-bagi doorprize berupa paket liburan ke pulau Royal, potongan harga untuk biaya umroh senilai Rp 2.500.000, dan hadiah utamanya adalah investasi Rp 3.000.000.  Acara Grand Launching ini juga dimeriahkan oleh dua drum dan angels percussion.

Picture

Penampilan Angels percussion

Picture

Dua drum
​PT. Nusantara Sejahtera Investama (NSI) yang merupakan pencetus dari Invisee, melihat bahwa jumlah investor reksa dana di Indonesia masih sangat kecil jika dibandingkan dengan negara lain. Hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan orang Indonesia mengenai produk reksa dana termasuk akses untuk melakukan investasi. Harapan dengan adanya Invisee adalah agar masyarakat Indonesia yang saat ini sudah melek teknologi, dapat secara bijak memanfaatkan aplikasi ini untuk berinvestasi reksa dana dan akhirnya meningkatkan perekonomian bangsa.

Picture

Invisee team
Berdasarkan pengalaman pribadi dan pengetahuan ekonomi yang dulu saya pelajari saat kuliah, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dasar saat orang akan berinvestasi :
1. Suku bunga atau return
Semakin tinggi suku bunga atau tingkat pengembalian, pastinya akan semakin menarik minat orang.
2. Keamanan.
Orang cenderung akan berinvestasi pada lembaga keuangan atau produk yang aman.
3. Kemudahan dalam ber-investasi, baik penempatan maupun penarikan
4. Kemudahan dalam pemantauan investasi

Tentu saja Invisee dapat mengakomodir pertimbangan di atas. Invisee sudah bekerja sama dengan beberapa manajer investasi seperti Insight Investment, Trimegah Asset Management, BNI Investment, Eastspring investment, dan banyak lagi lainnya yang menawarkan berbagai pilihan investasi dengan tingkat pengembalian tinggi.

Jenis reksa dana yang ditawarkan juga sangat beragam, seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham.

Invisee sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak November 2016 sehingga sangat aman untuk digunakan.

Karena dapat diakses melalui smartphone, saya bisa melakukan investasi kapan saja dan terus mengawasi investasi tersebut secara mudah.

Selain itu, melalui Invisee, kita bisa melakukan investasi mulai dari 10 ribu, sehingga ringan dan aman bagi yang baru mau belajar ber-investasi reksadana seperti saya. Bisa dibilang Invisee merupakan investasi terjangkau bagi pemula.

Tampilan dari aplikasi Invisee terlihat atraktif dan cukup user friendly sehingga dapat langsung dengan mudah digunakan oleh para calon investor, walaupun akan lebih baik jika ditambahkan panduan berupa video mengenai cara melakukan investasi dan penjelasan mengenai investasi reksa dana.

​Hal yang menarik bagi saya adalah, aplikasi ini memiliki fitur Goal Planner, dimana kita bisa merencanakan investasi sesuai dengan tujuan kebutuhan dan dana yang ingin dicapai.
​Selain itu, ada juga fitur Reminder. Fitur ini dapat digunakan sebagai pengingat untuk kita berinvestasi agar lebih konsisten.
​Saat akan melakukan transaksi investasi di Invisee, kita dapat memilih metode transfer ataupun menggunakan Viseepay untuk metode pembayaran. Atau bisa juga memilih autodebet untuk investasi rutin.

Untuk dapat mulai berinvestasi, kamu hanya perlu melakukan daftar melalui aplikasi Invisee dan melengkapi data pribadi dan identitas. Semua data yang diinput adalah sesuai dengan standar yang ditetapkan OJK dalam melakukan transaksi keuangan di Indonesia.

Untuk kamu yang hobi jalan-jalan seperti saya, Invisee juga punya program menarik dengan bekerja sama dengan tur, dimana ada potongan harga dan harga spesial untuk member Invisee. Jadi seperti sambil menyelam minum air, bisa investasi sambil mendapat manfaat promo.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang semangat dalam berinvestasi.

Buat yang ingin daftar Invisee, bisa langsung lihat caranya di sini.

Thanks.

​Lynn.

About the author

Banker & Travel Blogger. ​Suka berpetualang untuk menikmati pemandangan alam dan berinteraksi dengan penduduk sekitar. Sangat bahagia kalau bisa berbagi cerita dan informasi kepada orang lain.

Related Posts

1 Response
  1. Hi Patricia,
    Invisee is one of the place that you can buy Reksadana. They have a lot of products that you can choose.
    You don’t have to wait until a year, you can invest and redeem whenever you want.
    Hope it help you 🙂

Leave a Reply